140 WBP Terima Remisi, Hari Pertama Lebaran 1445 H Rutan Diserbu Pengunjung

TANGGAMUS – Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kota Agung, Benny M Saefulloh dan jajaran mengikuti pelaksanaan sholat Ied bersama ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Aula Rutan Kotaagung. Gus Anwar dari Pardasuka, Kabupaten Pringsewu, bertindak sebagai Imam dan Khotib, Rabu, (10/4/2024).

Karutan Benny membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, menyampaikan, pada Hari Raya Idul Fitri 1445 H kali ini sebanyak 159.557 Narapidana dan Anak Pidana mendapatkan remisi, 996 diantaranya dinyatakan langsung bebas.

“Alhamdulillah di Rutan Kota Agung terdapat 140 orang WBP yang mendapatkan remisi, namun 9 orang diantaranya telah mendapatkan Program Bebas Bersyarat sebelum lebaran. Mereka yang mendapat remisi adalah WBP yang sudah berstatus narapidana dan memenuhi syarat baik administratif dan substantif sesuai Permenkumham Nomor 7 Tahun 2022,” ungkapnya.

Sementara, untuk besaran remisi 15 hari sebanyak 70 orang, 1 bulan sebanyak 68 orang, 1 bulan 15 hari sebanyak 1 orang dan 2 bulan sebanyak 1 orang. Pemberian remisi merupakan salah satu apresiasi pemerintah terhadap WBP yang telah mengikuti pembinaan dengan aktif serta dinilai telah menunjukkan penurunan tingkat resiko. Selain itu, pemberian remisi menghemat miliaran rupiah anggaran APBN untuk belanja makan tahanan dan napi di seluruh Indonesia.

Selanjutnya, dilaksanakan penyerahan remisi secara simbolik terhadap 2 orang warga binaan. Berikutnya, Rutan Kotaagung membuka layanan kunjungan selama Idul Fitri yakni tanggal 10,11, dan 13 April 2024.

Terpantau pada hari pertama Idul Fitri, 194 orang pengunjung menyerbu Rutan untuk menjenguk keluarganya. (Rls/Hadi)

Komentar