oleh

Penjelasan Kepala Dinas Sosial untuk Penerima Bansos

Lampung Utara (RL) – Berikut penjelasan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara, Muhammad Erwinsyah terkait jumlah data penerima jaringan pengamanan sosial dari Kementerian Sosial dan APBD Lampung Utara.
Dinas Sosial merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ditunjuk oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lampung Utara sebagai OPD yang bertanggungjawab kepada penyaluran bantuan sosial (Bansos). 
“Baik bantuan sosial yang berasal dari kementerian sosial dan juga bantuan yang berasal dari APBD,” kata Muhammad Erwinsyah. 
Terkait bantuan itu, yang pertama tentang Bantuan Sosial Tunai (BST) yang merupakan bantuan dari Kementerian Sosial terkait Covid-19 di Kabupaten Lampung Utara berdasarkan data yang ada, melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau data kemiskinan di Kabupaten Lampung Utara sesuai Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial – Next Generation (SIKS-NG) Pusdatin Kesos bahwa jumlah DTKS Lampung Utara ada 84.127 rumah tangga itu sampai dengan bulan April 2020 lalu. 
Untuk jumlah penerima PKH berjumlah 50.791 rumah tangga. Untuk penerima program sembako sampai penyaluran di April 2020 lalu sebanyak 46.858 rumah tangga. 
Ada pun irisan, atau data irisan dari program PKH dan program sembako tersebut, jelas Muhammad Erwinsyah, ada 61.683 rumah tangga. 
Sedangkan yang mamsuk dalam DTKS atau data kemiskinan tetapi tidak mendapatkan atau belum mendapatkan program batuan pangan baik itu PKH atau sembako sebanyaj 22.444 rumah tangga. 
Dari jumlah 22.444 RT ini, lanjutnya, Lampung Utara mendapat kuota bantuan sosial tunai atau BST dari Kementerian Sosial sebanyaj 12.984 RT. 
“Mudah-mudahan jumlah 12.984 rumah tangga itu akan terpenuhi dan akan di validasi oleh kemensos,” ujarnya.
Muhammad Erwinsyah mengungkapkan, dari jumlah tersebut sampai dengan 12 Mei 2020, yang sukses ditransfer datanya ke Kemensos berjumlah 99.018 RT, itu atas petunjuk Plt Bupati dan Sekda yang juga Ketua dan Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lampung Utara. 
Pemerintah Kabupaten Lampung Utara akan memenuhi kuota 12.984 KK tersebut dengan menunggu usulan baru dari kelurahan-kelurahan yang sudah kami hubungi melalui camatnya agar lurah atau kepala desa menyampaikan usulan data masyarakat yang miskin sesuai dengan 14 kereteria kemiskinan.
Selanjutnya, bantuan sosial melalui APBD Lampung Utara dari hasil rapat Tim Gugus Tugas yang berupa sembako (Berasa) yang diperuntukan kepada masyarakat baik di kelurahan atau desa yang belum menerima bantuan sosial pangan apapun, jelasnya. (RD 01)

Komentar