oleh

Lagi, Satu Warga Lampung Utara Terkonfirmasi Positif Covid-19

Realita Lampung Utara (RL) – Pemerintah Kabupaten Lampung Utara melalui Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menerangkan satu warga dari Kecamatan Abung Surakarta telah dinyatakan terkonfirmasi positif tertular wabah Covid-19.
Menurut, Sanny Lumi, selaku Jubir Tim Gugus Tugas Covid-19 Lampung Utara seorang warga dari kecamatan tersebut dinyatakan terkonfirmasi positif dan dia masuk dikategori orang tanpa gejala (OTG) yang terpapar Covid-19.
Pernyataan itu berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan di UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Propinsi Lampung tanggal 2 Juni 2020 atas pemeriksaan spesimen swab terhadap ZA warga Kecamatan Abung Surakarta, Lampung Utara dan dinyatakan positif. 
Dijelaskan, Sanny Lumi, ZA adalah OTG konfirmasi positif yang merupakan salah satu dari jamaah yang mengikuti acara pertemuan Ijtima Jamaah Tabligh se-Asia di Gowa, Sulawesi Selatan pada tanggal 18 sampai dengan 22 Maret 2020 lalu, jelasnya, Kamis 4 Juni 2020 malam di Posko Covid-19 setempat.
OTG konfirmasi positif ini tiba di Lampung Utara dari Gowa Sulawesi Selatan pada tanggal 23 Maret 2020 menggunakan jalur laut dan darat berbarengan dengan kasus konfirmasi positif 01.
Sanny Lumi menerangkan, ZA setelah dilakukan rapid pada tanggal 29 Mei 2020 dengan hasil reaktif dan esok harinya tanggal 30 Mei 2020 dilakukan swab ke 1 dan 31 Mei 2020 dilakukan swab ke 2. Kasus pada awalnya tidak ditemukan karena terjadi kesalahan dalam penulisan asal kedatangan sehingga baru dilakukan pemeriksaan.
“Pada hari ini, Kamis 4 Juni 2020 yang bersangkutan kami lakukan penjemputan dari tempat domisilinya dan dilakukan isolasi di Islamic Center Kotabumi, berdasarkan kesepakatan dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lampung Utara serta Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Abung Surakarta,” terang Sanny Lumi.
Dia mengharapkan, dengan adanya penambahan kasus baru konfirmasi positif di Kabupaten Lampung Utara semakin meningkatkan kewaspadaan dan disiplin dari masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkumpul serta menunda  rencana untuk melakukan perjalanan keluar wilayah terutama ke daerah zona merah hingga pandemi Covid-19 ini berakhir. (***)
Laporan: Orean AS

Komentar