oleh

Bertambahnya Kasus Covid-19, Masyarakat Lampung Utara Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

Realita Lampung (RL) – Bertambahnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara minta masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan tetap mengikuti anjuran pemerintah.
Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lampung Utara, Budi Utomo yang juga Plt Bupati setempat melalui Juru Bicara Posko Covid-19, Sanny Lumi mengatakan, pasca bertambahnya kasus terkonfirmasi yang tercatat pada Sabtu (13/6/2020) menjadi 10 kasus. Pemda Lampung Utara mengharapkan kerjasama masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah tersebut.
“Untuk meningkatkan kewaspadaan kita, dengan semakin bertambahnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 Kabupten Lampung Utara, untuk mengingatkan kita semua untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dengan selalu mencuci tangan, menggunakan masker, meningkatkan imunitas dan menjaga jarak,” kata Sanny Lumi, Minggu (14/6/2020).
Dijelaskannya, berdasarkan data pertanggal 13 Juni 2020 untuk jumlah orang dalam pengawasan atau (ODP) di Kabupaten Lampung Utara sebanyak 129 orang, 3 orang sedang dalam proses pemantauan, sebanyak 125 orang telah selesai pemantauan, dan 1 orangnya meninggal dunia. 
Untuk jumlah OTG, lanjutnya, sebanyak 137 orang, dengan rincian selesai pemantauan 82 orang, dan jumlah OTG saat ini ada 55 orang. Sedangkan jumlah PDP ada 9 orang, 4 orang sedang dirawat, 1 orang telah dinyatakan sembuh dan 4 orang lainnya meninggal dunia. 
“Untuk kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Lampung Utara sampai dengan kemarin berjumlah 10 orang, sedang dirawat atau isolasi sebanyak 6 orang dan 4 orang lainnya telah dinyatakan negatif,” jelas Sanny Lumi.
Ditegaskan, Sanny Lumi permintaan untuk tetap mengikuti peraturan pemerintah dan mentaati imbauan-imbauan dari pihak-pihak terkait dalam penanganan Covid-19 tersebut karena adanya kasus baru yang telah dinyatakan Labkesda Provinsi Lampung ada pasangan suami istri yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Lampung Utara. 
“Ini harus jadi pembelajaran kita bersama. Karena sebelumnya DS yang dinyatakan terkonfirmasi positif dan tengah menjakani isolasi kemudian menyusul istrinya IS juga dinyatakan terkonfirmasi positif dari hasil swab oleh Labkesda Lampung,” ungkapnya. 
Masing-masing pasien, tambahnya, merupakan orang tanpa gejala (OTG) yang terindikasi tertular dari satu pasien ke pasien lainnya. Karena IS memiliki riwayat kontak erat dengan DS yang merupakan suami IS. Sementara DS tertular dari pasien sebelumnya yang berinisial ZA. (***) 

Komentar