oleh

Omzet Pengusaha Ikan Cupang Hias Puluhan Juta Perbulan

Realita Lampung (RL) – Memanfaatkan halaman dibagian belakang rumah dengan luas sembilan ratus meter persegi Nurhadi mampu mengait rejeki dengan omzet hingga puluhan juta rupiah.
Penelusuran tim realitalampung.com pada Minggu 14 Juni 2020, dengan lokasi lahan seluas sembilan ratus meter tersebut telah dimanfaatkan menjadi lahan budidaya ikan cupang dengan berbagai jenis oleh Nurhadi dan dirinya saat ini telah mampu mendapatkan omzet hingga puluhan juta.
Diketahui, Nurhadi merupakan salah seorang warga Desa Banjar Rejo Merak Batin Natar, Lampung Selatan. Nurhadi merintis usaha budidaya ikan cupang itu sejak tahun 2014 lalu. Hasil budidaya ikan cupang hias berbagai jenis itu menurutnya telah dijual hingga keluar negeri dan dirinya mampu mendapatkan keuntungan dua puluh juta rupiah hingga empat puluh juta rupiah perbulannya.
Menurutnya, pembudidayaan ikan cupang hias miliknya itu saat ini sebanyak sembilan ribu ikan hias dengan tiga jenis, yakni galaxi multi caler, galaxi animo, galaxi avatar dan selama empat bulan diternak ikan hias cupang itu telah bisa dipanen dan dijual belikan.
“Terkadang ada permintaan ekspor dari luar negeri namun saat ini saya lebih fokus ke dalam negeri sendiri,” ujarnya.
Dijelaskannya, untuk cara pemberian makanan pada ikan cupang hias  tersebut cukup dua kali dalam seharinya. Jenisnya untuk makanan pur terkadang diselingi dengan cacing sutra, untuk harga jual dimulai dari empat puluh ribu rupiah hingga dua ratus lima puluh ribu rupiah perekornya. 
Dia juga mengungkapkan untuk para pembeli partai atau membeli saat ini banyak dan rata-rata di atas sepuluh ekor. “Bibit yang mahal itu bibit betinanya  karena harganya mencapai dua juta rupiah perekor,” lanjutnya.
Ditambahkan Nurhadi, untuk nilai harga jual ikan cupang hias masih tergantung pada banyaknya warna ikan tersebut dan semakin tua usia ikan itu maka semakin bagus warnanya sehingga meninbulkan cahaya mengkilat dan itu semakin mahal harganya, jelasnya. (***)

Komentar