oleh

Oknum Kades Korupsi DD-ADD Resmi Pakai Rompi Tahanan

Realita Lampung (RL) – RZ (53) oknum Kepala Desa Talang Jembatan, Kecamatan Abung Kunang, Lampung Utara telah resmi memakai rompi tahanan Kejaksaan Negeri Lampung Utara pada Senin 15 Juni 2020.
Menurut Kasat Reskrim Polres Lampung Utara ditetapkannya RZ (53) sebagai tersangka dalam kasus tindak pidana korupsi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2017 bermula dari delik aduan dan hasil penyelidikan ditemukan kerugian keuangan negara.
Dijelaskan, Kapolres Lampung Utara, AKBP Bambang Yudho Martono melalui Kasat Reskrim, AKP M Hendrik Apriliyanto setelah menindaklanjuti adanya laporan yang masuk pada tanggal 28 Agustus 2018 tersebut ditemukan bahwa tersangka diduga kuat telah menyalahgunakan jabatan atau kedudukannya sehingga menimbulkan kerugian negara. 
“Oknum kades itu diduga telah melakukan perbuatan yaitu tidak menggunakan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun Anggaran 2017 Desa Talang Jembatan yang tidak sesuai peruntukannya,” kata Kasat, Senin 15 Juni 2020.
Selain itu, lanjutnya, tersangka RZ (53) menggunakan DD dan ADD tidak sesuai dengan APBDes 2017 dan membuat laporan pertanggung jawaban penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Talang Jembatan tahun 2017 yang tidak dapat dipertanggung jawabkannya sehingga mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp411.803.600, rupiah. 
“Pelimpahan tersangka RZ (53) berikut berkas perkara tindak pidana korupsi dana desa di Desa Talang Jembatan, Kecamatan Abung Kunang, Lampung Utara telah dilakukan tadi yang diterima oleh pihak Kejaksaan Negeri Lampung Utara,” jelas Kasat. 
Pada saat dilimpahkan, tambah Kasat, tersangka juga didampingi oleh penasehat hukumnya. “Untuk proses selanjutnya kemungkinan tersangka akan menjalani persidangan di pengadilan tipikor Bandar Lampung,” pungkasnya. (***)
• Laporan : Yono
• Editor : Sri Wahyuni

Komentar