oleh

PPDB Sistem Zonasi Dimulai Senin 29 Juni 2020

Realita Lampung (RL) – Untuk mengetahui kondisi pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2020/2021, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Utara melakukan monitoring dan evaluasi (Monev).

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Mikael Saragih, monev yang dilaksanakan jajarannya itu dibagi dalam beberapa tim. Tim-tim monev tersebut untuk jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan tugas orang tua.
 “Monev ini untuk mengetahui apa saja kendala dan hasil pada pelaksanaan PPDB untuk tahun pelajaran 2020/2021,” kata Mikail Saragih, Kamis 25 Juni 2020.

Sementara itu, koordinator tim untuk wilayah barat, Yeni Sulsitina mengatakan, kegiatan monev tersebut telah berjalan sejak dimulainya PPDB baik untuk jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan tugas orang tua. 

“Kita mulai sejak tanggal 22 lalu dan akan berlangsung dampai tanggal 27 Juni 2020 mendatang,” kata Yeni Sulistina.

Dijelaskan Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Disdikbud Lampung Utara itu kegiatan monev yang dilaksanakan di wilayaj barat dilakukan oleh dirinya bersama tim yang terdiri dari Yudi Bahtiar Kasi di Bidang PTK, Dian Ratna Hapsari selaku Kasi di Bidang Dikdas dan stafnya.

“Wilayah yang sudah dikunjungi paa beberapa sekolah di Kecamatan Abung Barat, Abung Tengah, Abung Tinggi, dan Bukit Kemuning,” ungkapnya.

Dari beberapa sekolah yangg sudah dikunjungi oleh timnya, karena kondisi saat ini (Pandemi Covid-19) semua berjalan menggunakan protokol kesehatan dari proses awal sampai dengan saat ini yang masuk dalam tahap seleksi untuk penerimaan peserta didik baru pada masing-masing sekolah.

“Alhamdulillah untuk pelaksanaan sudah menerapkan protokol kesehatan, diantaranya dengan mengharuskan pendaftar menggunakan masker, mengikuti pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak serta tidak berkerumun,” paparnya. 

Ditambahkan, Yeni Sulistina, untuk proses pendaftaan dikarenakan jalur pendaftaran yang baru dibuka adalah jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan tugas orangtua. 

“Maka dalam pengamatan, tidak nampak ada lonjakan pendaftar, hal ini dimungkinkan karena jumlah peserta didik yang diterima melalui jalur ini juga terbatas,” ujarnya, seraya mengatakan kemungkinan pendaftar akan mengalami peningkatan pada saat dibukanya jalur zonasi mulai yang akan di mulai pada Senin 29 Juni sampai dengan 4 Juli 2020 mendatang. 

Dalam monev tersebut, lanjutnya, tim yang bertugas tidak henti-hentinya mengingatkan kepada panitia PPDB pada masing-masing sekolah agar lebih teliti dalam membaca dan memahami isi Peraturan Bupati Lampung Utara Nomor 20 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru. 


“Khususnya dalam hal menentukan siswa yang akan diterim sesuai dengan jalur yang diambil. Seleksi harus dilaksanakan dengan cermat, jangan sampai ada siswa yang tiak terlayani dengan baik,” pungkasnya. (***)

• Penulis : SS 
• Editor : Sri Wahyuni

Komentar