oleh

Kasus Terkonfirmasi Covid-19 Bertambah Masyarakat Harus Waspada

Realita Lampung (RL) – Korban kasus terkonfirmasi coronavirus disease 2019 di Kabupaten Lampung Utara telah berjumlah 13 orang, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 minta masyarakat untuk tetap waspada dan menerapkan physical distancing. 
Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lampung Utara, Plt Bupati Budi Utomo melalui juru bicaranya, Sanny Lumi mengatakan, tercatat hingga tanggal 27 Juni 2020 kemarin kasus terkonfirmasi Covid-19 di kabupaten setempat telah berjumlah 13 orang.
“Sampai dengan kemarin jumlah data kasus teekonfirmasi covid-19 ada 13 orang. 6 orang sedang dalam perawatan atau tengah menjalani isolasi, 1 orang meninggal dunai dan 6 orang lainnya telah selesai menjalani isolasi dengan hasil negatif,” kata Sanny Lumi, Minggu (28/6/2020).
Dijelaskannya, perkembangan saat ini tentang wabah Covid-19 di daerah setempat pertanggal 27 Juni 2020, untuk data ODP sebanyak 133 orang, dalam proses pemantauan 1 orang, selesai pemantauan 130 orang, dan meninggal dunia 2 orang. 
Sedangkan untuk jumlah OTG sebanyak 158 orang, selesai pemantauan 139 orang, dan jumlah OTG saat ini ada 19 orang. Kemudian untuk data PDP ada 8 orang, yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 3 orang, meninggal dunia 5 orang. Lalu kasus terkonfirmasi sebanyak 13 orang, 6 orang di rawat atau tengah menjalani isolasi, 1 orang meninggal dunai dan 6 orang lainnya telah selesai menjalani isolasi dengan hasil negatif Covid-19.
“Jumlah enam orang itu karena ada penambahan tiga orang setelah hasil swab yang bersangkutan dinyatakan positif terpapar Covid-19,” ujarnya.
Sesuai dengan data yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, lanjut Sanny Lumi, bahwa di Kabupaten Lampung Utara ada penambahan pasien positif Covid-19 tersebut dari kategori orang tanpa gejala (OTG) dan dinyatakan terkonfirmasi positif.
“Mereka sudah menjalani isolasi di tempat khusus yang disedikan pemerintah, ya di islamic center kotabumi,” lanjutnya. 
Dikatakan Sanny Lumi, ketiga orang warga Lampung Utara yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut memiliki riwayat kontak dengan Almarhum TM pasien positif sebelumnya dan meninggal dunia pada 13 Juni 2020 lalu di RS Abdoel Moeloek Bandar Lampung. 
“Dengan bertambahnya pasien postif ini kita berharap masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti anjuran pemerintah untuk menggunakan masker jika keluar rumah dan menjaga jarak atau physical distancing,” kata Sanny Lumi. (***) 
• Penulis : SS 
• Editor : Sri Wahyuni

Komentar