oleh

Masyarakat Bersama Perangkat Desa Sidomukti Minta PJ Kades Diganti

Realita Lampung (RL) – Diduga tidak teransparan Pj Kepala Desa Sidomukti, Kecamatan Abung Timur, Lampung Utara diajukan untuk diganti oleh masyarakat bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). 

Kedatangan Ketua BPD bersama puluhan perwakilan tokoh masyarakat itu ke DPMD untuk segera diproses dan diganti karena Pj Kades Sidomukti Yasir Arafat dinilai tidak transparan dalam pelaksanaan realisasi ADD dan DD.
Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sidomukti, Sularto didampingi Sekretaris BPD setempat, Taberani dan sejumlah perwakilan tokoh masyarakat ketika dikonfirmasi oleh awak media mengatakan, maksud kedatangan dirinya beserta perangkat desa lainnya dan puluhan perwakilan masyarakat di kantor DPMD Lampung Utara untuk menindaklanjuti surat permohonan dari hasil Musyawarah Desa (Musdes) yang dilaksanakan pada Rabu 20 Mei 2020 lalu, yang telah diajukan kepada Plt Bupati, Budi Utomo dan Komisi I DPRD, Inspektorat, DPMD, dan Camat tentang surat permohonan pergantian Pj Kades Sidomukti.
“Sejauh ini kami masih menunggu hasil keputusan dari surat pengajuan permohonan pergantian Pj Kades Sidomukti itu yang telah di ajukan kepada Plt Bupati Lampung Utara, dengan tembusan kepada Inspektorat, Komisi I DPRD, DPMD, dan Camat,” kata Sularto.
Lanjut Sularto, perangkat desa dan masyarakat desa setempat menginginkan Pj Kades tersebut diganti, dengan alasan selama satu tahun lebih masa jabatannya, Pj Kades Sidomukti dinilai tidak sinkron dan tidak transparan dalam mengelola Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD). Selain itu hubungan Pj Kades dengan BPD maupun perangkat desa dan masyarakat lainnya tidak harmonis.
Tidak hanya itu, lanjutnya, pada hari Minggu 28 Juni 2020 malam lalu, mereka juga mendapatkan kabar bahwa Imam Maruf, selaku Sekretaris Desa (Sekdes) diberhentikan secara sepihak oleh Pj Kades tersebut dan tanpa diberitahukan apa kesalahan yang telah dilakukan oleh Sekdes Imam Maruf. Lalu pada Senin 29 Juni 2020 pagi jabatan Imam Maruf sebagai Sekdes Sidomukti digantikan oleh pejabat baru yaitu Sri Eli tanpa musyawarah dengan perangkat desa setempat.
“Oleh karena itu kami sangat mengharapkan Plt Bupati Lampung Utara, Budi Utomo dapat mengabulkan permintaan masyarakat Desa Sidomukti untuk menggantika  Pj Kades tersebut, agar masyarakat Desa Sidomukti, aman, damai dan kondusif,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala DPMD Lampung Utara, Wahab didampingi Kabid PMD, R. Habibie mengungkapkan, intinya puluhan masyarakat dan perangkat Desa Sidomukti datang ke DPMD Lampung Utara dengan tujuan untuk menyampaikan aspirasi mereka terkait hasil Musdes yang di motori oleh BPD Desa setempat yang menginginkan Yasir Arafat selaku Pj Kades Sidomukti untuk mundur dari jabatannya dengan kata lain berharap agar Pj Kades tersebut di ganti.
Namun dalam menyikapi persoalan tersebut masyarakat, maupun perangkat Desa setempat terlebih dahulu harus mengikuti prosedur dan peraturan yang ada baru bisa diproses lebih lanjut.
“Boleh-boleh saja masyarakat maupun perangkat desa mengajukan peemohonan pergantian Pj Kades tersebut, tapi lebih eloknya, agar di lengkapi dulu surat permohonannya, sesuai dengan peraturan prosedural dan melanisme yang ada,” ujar Wahab.
Menurut Wahab, perlu diketahui wewenang mengangkat atau memberhentikan Kepala Desa itu adalah Plt Bupati, bukan lah wewenangnya di DPMD. Sebab DPMD hanya selaku Pembina Desa.
Selain itu berdasarkan aspirasi masyarakat yang berhasil di serap olehnya yaitu, masyarakat tersebut sudah tidak percaya lagi dengan kepemimpinan Pj Kades yang di maksud.
“Bisa saja, sebelum permasalahan ini mencuat, sebelumnya Pj Kades tersebut memiliki permasalahan lainnya dengan perangkat desa, BPD maupun masyarakat desa setempat, sehingga Pj Kades tersebut terus dan terus mengulang kesalahan yang sama, hingga puncaknya terjadi pada saat Pj Kades itu melakukan pemecatan secara sepihak terhadap Sekdes Sidomukti,” ungkapnya.
Menyukapi itu, Wahab mengatakan, langkah yang akan dilakukan dalam persoalan tersebut, pihaknya hanya meminta perangkat desa dan masyarakat agar dapat melengkapi persyaratan pengajuan terlebih dahulu. Setelah persyaratan permohonan perizinan telah lengkap, maka DPMD akan menyerahkannya ke Bupati Lampung Utara agar dapat segera di tindak lanjuti.
“Saya sarankan, kepada Perangkat Desa, BPD maupun masyarakat setempat, untuk melengkapi persyaratan pengajuan permohonan pergantian Pj Kades Sidomukti supaya dapat segera di tindaklanjuti kepada Plt Bupati Lampung Utara,” lanjutnya. (***)
• Penulis : FR 
• Editor : Sri Wahyuni

Komentar