oleh

Plt Bupati Budi Utomo Menyerahkan Secara Simbolis Sertifikat Program PTSL

Realita Lampung (RL) – Plt Bupati Lampung Utara menyerahkan secara simbolis sertipikat tanah yang diluncurkan Pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN dengan program Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).


Penyerahan sertipikat itu berlangsung di Aula Tapis Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, Jumat 3 Juli 2020. 
Dalam sambutannya, Plt Bupati Lampung Utara, Budi Utomo menyatakan dengan adanya program PTSL ini masyarakat mendapatkan ketenangan dalam kepemilikan tanah karena telah terdaftar di Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Utara. 
Pada kesempatan itu Plt Bupati, Budi Utomo menyampaikan ucapan terimakasih Pemerintah Kabupaten Lampung Utara kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional yang bekerja keras melaksanakan program pemerintah tersebut. 
Meskipun dalam suasana pandemi Covid-19, BPN tetap mampu melaksanakan yang terbaik untuk masyarakat. Dengan adanya sertipikat tanah ini juga dapat meningkatkan nilai manfaat tanah, karena dapat dijadikan kelengkapan prasyaratan untuk mendapatkan modal usaha. 
Mudah-mudahan, melalui jalinan sinergi dan kerjasama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, serta berbagai pihak terkait, pelaksanaan program yang menyentuh lapisan masyarakat bawah ini dapat terlaksana dengan lancar tanpa hambatan, sehingga target yang telah direncanakan dapat tercapai secara optimal dan tepat sasaran, kata Plt Bupati Budi Utomo.
Dalam acara itu juga Kepala Kantor Pertanahan Lampung Utara, Agus Purwanto, A. Ptnh., S.H., M.H., menyampaikan bahwa pelaksanaan PTSL di Kabupaten Lampung Utara telah berjalan mulai dari tahun 2017 lalu dan sampai dengan sekarang telah diterbitkan sebanyak 80.612 bidang. 
Jumlah bidang tanah yang ada di Kabupaten Lampung Utara, jelasnya, sebanyak 355.529 bidang dan telah diterbitkan sertipikat sebanyak 277.704 bidang, sampai dengan saat ini masih tersisa 77.825 bidang lagi, dan itu akan diselesaikan melalui program PTSL sampai dengan tahun 2023 mendatang, dengan asumsi setiap tahun menyelesaikan sekitar 25.000 bidang. 
Penyelesaian PTSL di Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Utara secara umum telah berjalan dengan baik dan lancar dengan adanya dukungan yang luar biasa dari Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, DPRD dan APH yang melakukan pendampingan mulai dari perencanaan sampai dengan  penyelesaian. 
“Pelaksanaan PTSL ini juga mendapatkan dukungan dari para Camat, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan tokoh adat untuk kelancarannya,” ungkap Agus Purwanto. (***)
• Penulis : Orean AS 
• Editor : Sri Wahyuni

Komentar