oleh

Pemdes Jagang Salurkan BLT-DD Nontunai Kepada 125 KPN

Realita Lampung (RL) –  Camat Blambangan Pagar menyerahkan secara simbolis buku tabungan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD) tahun 2020 kepada 125 KPN yang telah diajukan Pemerintah Desa Jagang. 

Penyerahan buku tabungan Bank BRI kepada 125 KPN dari 885 Kepala Keluarga (KK) yang ada di Desa Jagang, Kecamatan Blambangan Pagar, Kabupaten Lampung Utara berlangsung pada hari, Kamis 9 Juli 2020.
Sebagaimana dikatakan Camat Blambangan Pagar, Usman bahwa penyerahan BLT-DD di Desa Jagang telah dilaksanakan dan penyerahan bantuan tersebut secara nontunai. 

“Acaranya penyerahan BLT dari Dana Desa tahun 2020 yang dilaksanakan Pemerintah Desa Jagang kepada 125 KPN dari 885 KK dalam bentuk buku tabungan,” ujar Usman.

Untuk proses pencairan bantuan itu, lanjutnya, masyarakat penerima itulah yang akan melakukan pencairannya. 
“Seperti yang saya sampaikan dalam sambutan tadi, itu cukup rumit memang, semua telah dilakukan melalui musyawarah terlebih dulu ditingkat desa kemudian diprefekuensikan oleh tim relawan, setelah dari desa kemudian naik di Kecamatan setelah itu kita kualifikasi di Kecamatan setelah itu baru kita kirim ke kementerian,” kata Usman.

Lalu akan pemerintah pusat menindaklanjuti apakah bantuan ini akan diserahkan secara tunai atau nontunai kalau nontunai maka akan melalui proses BRI.

Imbauan saya, kata Usman, kepada masyarakat semoga bantuan ini bisa diterima dengan lapang dada karena ini proses yang sudah cukup panjang. Menurut saya dan juga saya cukup berterimakasih untuk para relawan karena sebenernya tim relawan ini tidak ada honornya karena mereka bekerja bener-bener mengkualidasi agar tidak tumpang tindih dan ini sudah berulang-ulang kali dilaksanakan dan saya yakinkan apa yang sudah kita laksanakan hari ini juga tidak tumpang tindih dengan faktor-faktor lain disini seperti PKH. Karena memang tidak boleh penerima bantuan lain menerima BLT dari Dana Desa.
“Alhamdulillah penyalurannya tidak ada kendala dalam hal ini karena memang melalui musyawarah dari tingkat bawah dan Insya Allah sesuai dengan yang kita harapkan,” lanjutnya.
Ditambahkan, Suwandi selaku Kepala Desa Jagang, kalau penyerahan BLT-DD secara nontunai yanh dilaksanakan di desa tersebut baru yang pertama di wilayah Kecamatan Blambangan Pagar. 
“Realisasi BLT-DD ini Insya Allah telah sesuai dan benar-benar tepat sasaran yang diberikan kepada masyarakat yang layak. Di Kecamatan Blambangan Pagar kita yang pertama,” ungkap Suwardi.
Penerima BLT-DD tahun 2020, menurutnya masing-masing penerima mendapatkan bantuan sebesar Rp600 ribu perbulan untuk bulan April, Mei, dan Juni dan selanjutnya, menurut Suwardi, penerima akan kembali menapatkan bantuan DD selama 3 bulan kedepan dengan nilai sebesar Rp300 ribu perbulan selama 3 bulan.
“Untuk Desa Jagang penerima BLT-D ada 125 KPN dari 885 KK, tapi untuk warga yang tidak mendapatkan BLT juga Alhamdulillah sebagian sudah menerima bantuan lain seperti PKH dan bantuan yang lainnya,” lanjut Suwardi. (***) 

Komentar