oleh

Tahapan Pilkades Tinggal Menunggu Rekomendasi Bupati

28 Desa Siap Pilkades Serentak 2020

Lampung Utara (RL) – Proses tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Lampung Utara hanya tinggal menunggu rekomendasi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lampung Utara melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Hanibie menuturkan, pada tahun 2020 ini di kabupaten setempat kembali akan menggelar pesta demokrasi di tingkat desa. 
“Pelaksanaannya sesuai dengan hasil koordinasi dengan Mendagri untuk pelaksanaan Pilkades serentak rencananya akan dilaksanakan pada 24 November 2020 mendatang,” kata Habibie, ketika dihubungi, Minggu (19/7/2020).
Lanjutnya, rencana awal laksanaan Pilkades serentak di Lampung Utara akan digelar bulan ini, tapi karena merujuk adanya surat edaran dari Mendagri tentang Covid-19 maka pelaksanaannya baru bisa diselenggarankan November 2020.
Selain itu, kata Habibie untuk tahapan pilkades tersebut masih menunggu rekomendasi dari Pemerintah Daerah (Plt Bupati). Karena tentang proses tahapan sampai jadwal pelkasanaannya telah diajukan DPMD ke Plt Bupati dan surat persetujuannya belum turun.
“Jadwal pelaksanaan semuanya sudah kita ajukan kepada Plt Bupati, dan saat ini hanya tinggal menunggu surat tersebut,” ungkapnya.
Untuk jumlah desa yang dipastikan akan ada Pilkades di Kabupaten Lampung Utara sebanyak 28 Desa yang tersebar di 14 Kecamatan. Karena ke 28 desa tersebut saat ini masih dijabat oleh Pj dari pegawai di masing-masing kecamatan. 
Dijelaskan, Habibie masing-masing desa yang saat ini dijabat oleh Pj tersebut seperti di Kecamatan Abung Timur aa di Desa Pungguk Lama, Gedung Nyapah, Penagan Ratu, Peraduan Waras, Rejo Mulyo, Sidomukti, Bumi Jaya
Kecamatan Abung Selatan, Desa Cabang Empat, Sungkai Utara, Desa Gedung Batin, Kotabumi Utara, Desa Madukoro Baru, Abung Tengah, Desa Kinciran, Kedaton, Subik, Gunung Sadar, Abung Tinggi, Desa Sukamaju, 
Di Kecamatan Abung Semuli, Desa Sukamaju, Semuli Jaya, Gunung Keramat, Sido Rahayu, Kecamatan Abung Surakarta, Desa Bandar Abung, Kecamatan Bunga Mayang, Desa Haduyang Ratu, Hulu Sungkai, Desa Beringun Jaya, Kecamatan Abung Pekurun, Desa Nyapah Banyu, Desa Ogan Campang, Kecamatan Blambangan Pagar, Desa Pagar, desa Pagar Gading, dan di Kecamatan Kotabumi Selatan di Desa Way Melan. (***)

Komentar