oleh

Orang Asing Dalam Pantauan Mampu Meningkatkan Perekonomian

Lampung Utara – Keberadaan orang asing dapat meningkatkan perekonomian masyarakat jika keberadaannya terpantau. 


Pernyataan itu disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Utara, Budi Utomo seusi mengikuti rapat koordinasi bersama guna penguatan tim pemantau orang asing tingkat kecamatan yang berlangsung di Kantor Imigrasi kelas III Kotabumi, Selasa (28/7/2020).
Plt Bupati Lampung Utara, Budi Utomo mengatakan, keberadaan orang asing banyak manfaatnya, diantaranya tentang devisa negara dan secara otomatis akan meningkatkan perekonomian. Namun demikian, kata Budi Utomo masing-masing instansi tidak boleh terlena dan tetap harus waspada. Hal itu guna mengetahui kehadiran mereka (orang asing) memberikan keuntungan bukan justru malah sebaliknya. 

Apalagi saat ini pemerintah bersama masyarakat sedang berusaha dan berupaya melakukan penanggulangan covid-19. Mengingat semakin banyak yang masuk ke Indonesia. Pengawasan bukan hanya tugas dari pemerintah, melainkan tugas bersama termasuk masyarakat. Masyarakat yang banyak tahu soal keberadaan orang asing. Perlu efektivitas pelaksanaan pengawasan melalui perangkat desa. 

“Untuk itu dibutuhkan kerjasama dari seluruh elemen, ini sebagai sarana tukar informasi, melalui masyarakat hingga terjadi sinergitas menyeluruh didapat informasi yang valid soal keberadaan orang asing,” kata Budi Utomo.

Lalu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Kotabumi, Amrullah Shodiq mengatakan, sinergi seluruh sumber daya di Lampung Utara, menyatukan persepsi dalam penguatan pengawasan orang asing. 

“Semua punya tugas atau tanggung jawab mengawasi orang asing, melalui ekonomi, budaya dalam rangka memajukan perekonomian,” ujarnya.

Dilanjutkan, Kasubsi Teknologi Informasi Intelijen dan Penindakan Imigrasi Kotabumi, Kresna Aji Pranata menjelaskan, tujuan menyinergikan pengawasan orang asing di Lampung Utara, guna tukar menukar informasi keberadaan orang asing. 

“Kedepannya pengawasan lapangan terhadap orang asing agar dapat berlangsung aman, tertib,” ungkapnya. (***)

Komentar