oleh

Pemdes Banjarwangi Gelar Musdes untuk Pembangunan 2021

Realita Lampung Utara – Pemerintah Desa Banjarwangi, Kecamatan Kotabumi Utara, Lampung Utara telah melaksanakan Musyawarah Desa khusus (Musdesus) guna penentuan dalam perencanaan program pembangunan Desa di tahun 2021.
Pimpinan Musdes Desa Banjarwangi, Hasan mengatakan, dalam musyawarah itu dibahas tentang rencana anggaran yang akan digunakan untuk program pembangunan desa setempat, selain itu pihaknya juga menerima masukan dan usulan dari masing-masing perwakilan Ketua RT dan RW untuk apa saja pembangunan yang akan dilaksanakan di daerahnya.
Menurut Hasan, ada beberapa point yang menjadi perioritas pembangunan Desa Banjarwangi, dan dari hasil musdes itu disimpulkan beberapa point yang menjadi prioritas  akan diajukan pada tingkat musrenbang.
“Dari hasil musdes yang di prioritaskan akan diajukan dalam musrenbang yaitu salah satunya pembangunan infrastruktur prodak unggulan desa, seperti embung desa, peningkatan SDM UMKM masyarakat dan digitalisasi akan kami ajukan layanan pendidikan dan kesehatan dan itu akan kita sampaikan pada musrenbang nanti,” kata Hasan.
Pada acara itu, Camat Kotabumi Utara, Dodi F Mega meminta jajaran Pemerintah Desa Banjarwangi untuk membuat ikon desa. Hal itu bertujuan agar Desa Banjarwangi memiliki cirikhas khusus selain dari manfaat keindahan di pemandangan desa tersebut.
Dijelaskan, Mudasir selaku Kepala Desa Banjarwangi, yang menjelaskan tujuan dilaksanakan musdes oleh jajaran Pemerintah Desa Banjarwangi sebagai persiapan dalam pelaksanaan Musrenbang, selain itu bertujuan untuk menampung aspirasi masyarakat dimana masyarakat akan mengajukan usulam untuk program-program pembangunan desa yang menjadi prioritas.
Dia juga menjelaskan, sebelumnya telah ditetapkan data jumlah masyarakat yang mendapatkan bantuan tunai sebayak 106 penerima. Sebelumnya, penerima bantuan mendapatkan bantuan sebesar Rp600.000, lalu untuk di tahap ke empat menjadi Rp300.000 dalam satu penerima.
“Hasil musdes ini nantinya akan kita ajukan pada musrenbang nanti, mana yang harus di dahulukan sebagai prioritas pembangunan di tahun 2021 mendatang,” ucapnya. (Orean)

Komentar