oleh

Kasus Terkonfirmasi Positif Terpapar Covid-19 Lampung 316 Orang

Realita Lampung – Dikabarkan pejabat teras dilingkup Pemerintah Kabupaten Way Kanan masuk dalam data jumlah pasien terpapar Covid-19 di Provinsi Lampung sehingga jumlah pasien positif menjadi 316 orang.

Juru bicara Posko Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Reihana dalam konfrensi persnya, Senin 10 Agustus 2020 menjelaskan, saat ini kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Lampung bertambah 9 orang sehingga total kasus possitif menjadi 316 orang.
Sembilan tambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Provinsi Lampung tersebut 7 orang dari Kabupaten Way Kanan, lalu 1 orang dari Kota Bandar Lampung dan 1 orangnya dari Kabupaten Lampung Tengah.
“Ada seorang pejabat publik terkonfirmasi positif Covid-19 dan sedang isolasi di RS Pemerintah di Lampung,” kata Reihana.
Pasien itu bernomor 310, dengan riwayat perjalanan dari Jakarta, dan kondisi pasien tersebut saat ini sedang menjalani perawatan di ruang isolasi pada salah satu rumah sakit Pemerintah di Provinsi Lampung.
Riwayat perjalanannya dari Jakarta dan beberapa hari beliau sering pulang pergi ke Jakarta. Pasien ini mempunyai keluhan sesak nafas. Selain itu pasien tersebut punya kormobit usia yang sudah lanjut dan juga da penyakit lain.
Reihana menjelaskan, selain pasien 310 itu juga telah dilakukan tracing terhadap 30 orang lainnya yang pernah kontak erat dan didapati sebanyak 6 orang yang juga terkonfirmasi positif covid-19. 
Keenam pasien itu bukan lah keluarga dari pasien 310, dan kesemuanya masuk dalam kategori orang tanpa gejala dan tengah menjalani isolasi di rumah sakit setempat.

Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Way Kanan, Anang R. Selaku Kepala Dinas Kesehatan setempat juga mengungkapkan, riwayat pasien 310 Lampung atau P7 Way Kanan itu pada tanggal 4 hingga 6 Agustsu 2020 mempunyai riwayat perjalanan dari Jakarta dan tanggal 8 Agustus 2020 pasien mengeluh karena demam, kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan ke Rumah Sakit Umum di Bandar Lampung. 

Dari hasil pemeriksaan atau rapid tes didapati pasien 310 Lampung itu dengan hasil reaktif. Selanjutnya dilakukan pengambilan PCR Swab pertama dengan hasil positif Covid 19. 
Pada Minggu 9 Agustus 2020, pasien kembali dilakukan pengambilan PCR Swab kedua dengan hasil positif covid19. Kemudian tim gugus tugas melakukan tracing terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan pasien dan hasilnya ada 6 orang juga terkonfirmasi covid-19. (***)

Komentar