oleh

Ditangkap Polisi Miliki Senjata Api, Oglo Beralasan untuk Menjaga Singkong

MS alias Oglo (49) tersangka kepemilikan senjata api dan senjata tajam saat diamankan oleh Sat Sabhara Polres Lampung Utara, Kamis (27/8/2020) malam, foto: ist

Realita Lampung – Unit Patroli malam Satuan Sabhara Polres Lampung Utara mengamankan seorang warga yang kedapatan memiliki senjata api (pistol) berikut tiga butir amunisi aktif dan sebilah senjata tajam.

Kasat Sabhara Polres Lampung Utara, AKP HD Pandiangan, SH, MH, mewakili Kapolres AKBP Bambang Yudho Martono, SIK, M. Si, mengatakan tersangka kepemilikan senjata api dan senjata tajam itu ditangkat oleh unit Patroli Sat Sabhara saat tengah melakukan giat patroli malam.

“Tersangka diamankan sekira jam 21.00 WIB oleh Kanit Patroli Sabhara Polres Lampung Utara, Aiptu Yudha Prayitno bersama anggota regu walet Bripda M Aji Saputra, di TKP Jalan Desa Pagar Gading, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara,” kata AKP HD Pandiangan, Kamis (27/8/2020).

Barang bukti yang diamankan dari tersangka SM alias Oglo (49) warga Pagar Gading, Abung Selatan itu berupa 1 pucuk senjata api rakitan jenis revolper, 3 butir peluru aktif cal 9 mm, 1 bilah pisau jenis badik, 1 handpone, dan 1 unit sepeda motor vario warna hitam tanpa TNKB.

Dikatakan Kasat Sabhara Polres Lampung Utara, AKP HD Pandiangan, kronologis penangkapan terhadap tersangka senjata api dan senjata tajam sebagai mana dalam Undang-undang Darurat tersebut.
Pada hari Kamis 27 Agustus 2020 sekira jam 21.00 WIB, Aiptu Yudha Prayitno bersama anggota regu walet Bripda M Aji Saputra sedang melaksanakan patroli di Jalan Desa Pagar Gading, Abung Selatan dan melihat seorang laki-laki mengendarai sepeda motor tanpa nomor kendaraan dengan gerak gerik mencurigakan.
Kemudian dihentikan oleh kedua anggota tersebut. Namun pelaku (tersangka) berusaha kabur dan melawan hingga Aiptu Yudha Prayitno sempat berjibaku dengan pelaku sampai pada akhirnya pelaku berhasil dilumpuhkan.
Lalu dilakukan pengeledahan di badan pelaku dan didapatkan sepucuk senjata api rakitan dan sebilah pisau (badik) di pinggang pelaku. Selanjutnya pelaku dan barang buktinya diamankan dan dibawa ke Mapolres Lampung Utara, yang langsung diserahkan ke anggota Piket Reskrim guna dilakukan pengusutan dan pengembangan lebih lanjut, jelas AKP HD Pandiangan.
Menurut pengakuan tersangka dirinya memiliki senjata api tersebut sudah berjalan sepuluhan tahun dan alasannya untuk berjaga-jaga. “Sekitar sepuluh tahun, untuk jaga singkon,” ujar tersangka saat ditanya polisi. (***)

Komentar