oleh

Panglima Paksi Pak Sekala Bekhak Bangun Sinergitas dengan Pelaku Media untuk Kelestarian Adat Budaya Lampung

Ketua AJO Indonesia DPC Tanggamus, Budi Widayat Marsudi saat menerima kunjungan Mirza Wakil Ketua Panglima Perang Penggitokh Alam Paksi Pak Sekala Bekhak Kepaksian Pernong, Sabtu 29 Agustus 2020.
Realita Lampung – Wakil Ketua Panglima Perang Penggitokh Alam Paksi Pak Sekala Bekhak Kepaksian Pernong berkunjung ke Kabupaten Tanggamus dalam rangka membangun kerjasama dan bersinergi untuk perkembangan Adat istiadat Lampung.

Kedatangan Mirza selaku Wakil Ketua Panglima Perang Penggitokh Alam Paksi Pak Sekala Bekhak Kepaksian Pernong Wilayah Tanggamus itu di sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia untuk membangun sinergi bersama pelaku media era digital dalam perkembangan Adat istiadat Lampung.

Dikatakan Mirza, di era teknologi digital saat ini berkembangnya suatu informasi sangat pesat bahkan infomasi itu dipercaya seluruh dunia ketika diekspose melalui Media Online. 
Kabar yang menyebar luas diseluruh dunia tersebut juga termasuk informasi dari Kabupaten Tanggamus, baik itu yang melalui media cetak, stasiun televisi, radio, media online, maupun streaming. 
Pada kesempatan itu, diharapkannya media yang tergabung di lembaga AJO Indonesia DPC Tanggamus sebagai jurnalist yang telah membantu pemerintah daerah setempat untuk menyebar luaskan berita secara online tentang perkembangan pembangunan yang ada. 
Kondisi saat ini, diperkirakan sudah lebih dari lima puluh persen masayarakat di Kabupaten Tanggamus sudah menggunakan handpone versi android yang dapat mengakses kabar berita serta untuk kegunaan yang lainnya.
Untuk itu kedatangan dirinya di sekretariat AJO Indonesia Tanggamus dalam rangka membangun kerjasama dan bersinergi untuk bisa terus berpartisipasi dalam menyajikan informasi tentang perkembangan Adat istiadat Lampung yang ada di Kabupaten Tanggamus, karena majunya perkembangan jaman tidak mesti menghikangkan budaya lama tapi harus tetap di ekspose agar tetap lestari. 
“Kalau bisa, kita bersinergi membangun serta melestarikan adat istiadat tanah kelahiran kita, khususnya di Tanggamus jangan sampai tanah kelahiran kita serta adat lampung hilang,” kata Mirza, Sabtu 29 Agustus 2020. 
Lanjutnya, “Kami pemegang adat lampung sangat senang melihat perkembangan adat istiadat warga yang masih menghormati sejarah seperti, Nyambai, tari menari adat lampung, sampai ke pencak silat keturunan adat lampung,” ujar Mirza.
“Kami berharap, seluruh elemen pewarta yang ada di Kabupaten Tanggamus khususnya AJO Indonesia dapat membantu mengembangkan adat lampung melalui pemberitaan agar adat istiadat di tanah yang kita cintai tetap lestari,” lanjutnya.
Ketua AJO Indonesia DPC Tanggamus, Budi Widayat Marsudi mengapresiasi kedatangan Mirza yang bertujuan untuk bersama-sama membangun Kabupaten Tanggamus yang kaya akan sejarah dan mengembagkan adat istiadat kerajaan Lampung di era pesatnya perkembangan teknologi khususnya digital saat ini.
“Kami sangat mengapresiasi kedatangan Mirza salah satu Tokoh Adat Lampung di Kabupaten Tanggamus ini. Kedatangannya bertujuan untuk sama-sama membangun Kabupaten Tanggamus dengan tetap menjaga kelestarian adat istiadat serta budaya Lampung,” ujarnya.
Menurut Budi, di era digital seperti saat ini satu informasi perkembangannya sangat pesat setelah di ekspose. Hal itu tentu karena masyarakat telah rata-rata memiliki handpone android. Perkembangan ini tentunya memiliki banyak sisi positif dan bermanfaat bila dipergunakan untuk publikasi kegiatan adat maupun seni budaya lampung dapat secara rutin disosialisasikan melalui berita-berita yang telah melalui karya jurnalistik karena informasi yang disebarluaskan melalui media itu yang dipercaya oleh masyarakat.
“Mudah-mudahan dengan sinergitas yang dibangun tokoh Adat Lampung dengan media bisa menjadikan salah satu sarana untuk menjaga sejarah serta membangun Kabupaten Tanggamus yang tertib dan aman,” tutupnya. (***)

Komentar