oleh

Tepis Isu Borong Partai, Raden Adipati Surya; Parpol Miliki Hitungan

Realita Lampung – Menepis isu bahwa calon petahana untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan berlangsung pada bulan Desember 2020 mendatang, dan dikabarkan petahan telah memborong Partai Politik (Parpol) sehingga pada pelaksanaan melawan tabung kosong. 
Dengan tegas Raden Adipati Surya menyatakan itu bukan tercipta dari dirinya tapi Parpol memiliki penghitungan tersendiri di setiap momen pelaksanaan pemilihan (Pemilu, Pilkada dan Pileg). 
Pernyataan itu disampaikan, Raden Adipati Surya ketika berada di Rumah PAN Way Kanan ketika menerima rekomendasi dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk Pilkada Way Kanan yang diberikan kepada dirinya (Raden Adipati Surya bersama Ali Rahman), Minggu 30 Agustus 2020.
“Saya tidak mau bicara soal tabung kosong atau tanpa tabung kosong. Saya tidak pernah memikirkan itu, dan saya tidak pernah menciptakan adanya lawan tabung kosong. Dari awal sudah saya sampaikan, saya tidak pernah menciptakan tabung kosong, saya ini orang politik yang betul-betul saya jalani dengan benar, dan saya memiliki etika dalam berpolitik, itu bisa saya buktikan etika politik yang saya jalani selama ini,” kata Raden Adipati Surya.
Lebih lanjut, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Way Kanan yang juga menjabat sebagai Bupati Way Kanan itu mengatakan. “Adik saya itu anggota DPRD Way Kanan, tetapi saya tidak tunjuk adik saya jadi Ketua DPRD Way Kanan, kalau pun saya mau bisa saya bantu adik saya jadi Ketua DPRD. Tapi tidak saya lakukan hal itu karena saya memiliki etika berpolitik,” lanjut Adipati.
Raden Adipati Surya juga mengungkapkan, profesinal dalam berpolitik itu dapat dilihat dari jabatannya sebagai Bupati dan saudara Kandungnya yang diketahui anggota DPRD setempat namun tidak dibantunua untuk menjabat sebagai Ketua dikarenakan pungsi lembaga legislatif dikawatirkannya tidak akan berjalan normal karena ada ikatan persaudaraan sedarah.
“Kenapa itu saya tidak mau menujuk adik saya jadi ketua DPRD Way Kanan. Karena apabila saya jadikan adik saya Katua DPRD maka nantinya tidak akan mungkin bisa ngawasi saya, jadi pungsi DPRD-nya tidak akan jalan maksimal sebab, Ketua DPRD adik kandung saya sendiri,” ujarnya.
Lanjut Raden Adipati Surya, “Jadi saya tegaskan sekali lagi lawan tabung kosong itu tidak sama sekali saya ciptakan. Tapi apabila terjadi lawan tabung kosong itu memang semua partai politik memiliki hitungan masing-masing. Seperti Partai PAN, saya yakin punya hitungan kenapa mau mendukung saya dengan pak Ali Rahman pasti Partai PAN punya hitungan dan saya yakin semua partai politik tidak ada yang mau kalah. Pasti semua partai politik, semuanya mau menang, kenapa karena ada pengamanan untuk pemilihan legislatif tahun 2024. Kalau dipolitik ini semua bisa dilakukan cuma satu yang tidak boleh, tidak boleh kalah,” ungkapnya. (***)
√ Penulis : Sandi 
√ Editor : Fitra

Komentar