oleh

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara Workshop Penyusun RKAS dan Pelaporan Melalui Aplikasi SIMDAK

Realita Lampung – Dalam upaya mengantisipasi berbagai kemungkinan yang menyalahi atura Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara memberikan pengarahan terhadap masing-masing Pengelola Satuan PAUD untuk menyusun RKAS yang sesuai dengan aturan.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara, Ir. Mikael Saragih, MM, pada acara Workshop Penyusunan RKAS Satuan PAUD dan Pelaporan Penggunaan DAK Nonfisik BOP PAUD yang diadakan di SDN 3 Kembang Tanjung, Kecamatan Abung Selatan, Senin 31 Agustus 2020, menyampaikan.
Sudah semestinya setiap satuan pendidikan harus dapat merencanakan kegiatan anggaran sekolahnya masing-masing sejak awal tahun anggaran, atau disesuaikan dengan tahapan penyaluran bantuan yang akan diterima. 
“Dengan RKAS tersebut, diharapkan penggunaan dana bisa sesuai dengan perencanaan,” kata Mikael Saragih.
Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Yeni Sulistina, SSi, MM, menjelaskan, digelarnya kegiatan itu dengan tujuan memberikan pelatihan kepada para pengelola Satuan PAUD bagaimana menyusun RKAS yang sesuai dengan aturan dan pelaporan yang harus dilakukan oleh masing-masing lembaga melalui aplikasi SIMDAK.
Dengan diadakan kegiatan workshop tersebut diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pengelola lembaga untuk bisa menyusun RKAS dan melakukan pelaporan secara online melalui aplikasi yang disediakan oleh Kemdikbud dan Kementerian Keuangan dengan sesuai juknis dan tertib administrasi.
“Kegiatan Workshop ini dilakukan di 4 wilayah yang diikuti oleh perwakilan satuan PAUD dari 23 kecamatan. Wilayah 1 dialaksanakan di Kecamatan Sungkai Selatan, Wilayah 2 dilaksanakan di Kecamatan Bukit Kemuning, wilayah 3 di Kotabumi Utara dan terkahir dilaksanakan di Abung Selatan,” kata Yeni Sulistina.
Para peserta yang hadir dalam kegiatan workshop tersebut adalah para Kepala UPTD dan Pemilik PAUD yang ada 23 Kecamatan di Kabupaten Lampung Utara. (***)

Komentar