oleh

Mantab! Kelola BUMDes Bisa Hasilkan Rp1,2 Miliar “Desa Miliarder”

Realita Lampung – Perangkat Pemerintah Desa mampu menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PAD) Rp1,2 milar dalam kurun satu tahun. 
Seperti pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) oleh perangkat Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik, Jawa Timur ini mampu menghasilkan Rp1,2 miliar pertahunnya.
Kepala Desa Sekapuk, Abdul Halim mengatakan, diantara usaha yang dikelola oleh BUMDes dan menghasilkan miliaran rupiah itu adalah Wisata Setigi. Menurutnya, selain mampu memberi konstribusi terhadap BUMDes, Wisata Setigi juga memberi kontribusi terhadap pendapatan asli desa (PAD).
“Hasil dari wisata ini juga memberi manfaat terhadap PAD desa kami sebesar Rp1,57 miliar,” kata Abdul Halim, Rabu 2 September 2020.
Abdul Halim menjelaskan, secara keseluruhan dengan adanya Wisata Setigi serta usaha lainnya yang dikelola masyarakat melalui BUMDes. Baik itu tambang batu kapur, pengelolahan sampah serta wisata alam. Total laba bersih BUMDes setempat mencapai Rp4 miliar mulai tahun 2018 hingga Agustus 2020.
“Laba bersihnya tersebut kami belikan kendaraan operasional lima unit. Dari kendaraan itu, ada mobil Toyota Alphard serta 60 unit sepeda listrik,” ujarnya.
Untuk sepeda listrik, lanjut Abdul Halim, dibagikan kepada perangkat desa serta Ketua RW dan RT untuk operasional saat melaksanakan tugas.
“Semua perangkat Desa Sekapuk mendapat bagian termasuk Ketua RT dan RW untuk melayani masyarakat,” ungkapnya.
Perkembangan Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur saat ini telah maju pesat. Jika dulunya desa yang berada di ujung utara dari wilayah perkotaan tersebut sempat dipandang sebelah mata, sekarang malah menunjukkan perubahan sangat signifikan. Bahkan mampu pamer kekayaannya dengan pendapatan asli desa (PADes) yang mencapai miliaran rupiah.
Label sebagai ‘Desa Miliarder’ pun disematkan untuk Desa Sekapuk yang secara resmi dideklarasikan oleh Pemerintahan Desa (Pemdes) setempat, Rabu 2 September 2020 lalu. Bukti sebagai desa kaya pun diperlihatkannya melalui konvoi rombongan para pejabat desa, dan ibu-ibu PKK. Mereka tiba di lokasi deklarasi yang berada di wisata Setigi dengan naik lima mobil dan puluhan sepeda listrik hasil BUMDesnya.
Mobil-mobil itu merupakan aset desa yang dijadikan sebagai kendaraan operasional. Di antaranya kendaraan jenis Alphard untuk Pemdes, Grand Livina untuk PKK, Mazda Double Cabin untuk Wisata, Expander untuk BUMDes, dan satu unit mobil Ambulance Standart covid.
Tidak hanya itu. Desa Sekapuk juga mampu melahirkan 591 lapangan kerja baru, ditambah jumlah sekitar 400 obligasinya. “Semua ini terwujud dengan semangat kebersamaan, terima kasih semuanya,” ucap Abdul Halim.
“Desa Sekapuk ini tidak hanya potensi wisata Setigi, ada juga Agro wisata kebun pak Inggih milik Desa Sekapuk,” lanjutnya. (***)
• Sumber : beritajatim.com & klikjatim.com

Komentar