oleh

Menjelang Pilkakon Serentak, Bupati Tanggamus Minta Pelaksana Tugas Bertanggungjawab Penuh

Realita Lampung – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani minta para Pejabat (Pj) Kepala Pekon (Kakon) untuk bisa mengemban amanah dengan penuh rasa tanggungjawab sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.

Harapan itu disampaikan Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani saat memberikan pembinaan kepada para Pj Kepala Pekon yang berlangsung di Gedung Fasilitas aumum (GFU) Islamic Center, Kecamatan Kota Agung, Rabu 9 September 2020. 
Para Pj Kakon se-Kabupaten Tanggamus diharapkannya dapat mengemban amanah sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggungjawab hal itu semata-mata wujud dalam memberikan pengabdian diri dan sebagai pelayanan masyarakat. 
Disampaikan Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani Pj Kakon merupakan ujung tombak Pemerintah Kabupaten untuk itu kinerja dari Pj Kakon tentu tidak terlepas dari pemantauan, dan evaluasi baik oleh Bupati, Wakil Bupati serta seluruh jajaran lainnya. 
“Oleh karenanya setelah dilakukannya pembinaan ini diharapkan ada perbaikan, dalam segala hal. Beberapa hal yang disampaikan baik meliputi Pilkakon yang perlu kita persiapkan, lalu komitmen dari para Pj Kakon, dan juga pelayanan serta pengabdian kepada masyarakat,” kata Bupati.
Bupati menerangkan, dilaksanakannya kegiatan ini karena masukan terkait kinerja dari Pj Kepala Pekon sering disampaikan oleh masyarakat secara langsung baik kepada dirinya maupun wakil bupati, serta yang lainnya, menyikapi hal tersebut maka pembinaan harus segera dilakukan, sehingga tanggungjawab yang melekat sebagai Pj Kakon harus dilaksanakannya dengan sebaik-baiknya. 
“Menjadi Pj Kakon adalah sarana ladang ibadah, memberikan pengabdian, berbuat yang terbaik kepada masyarakat, memberikan inovasi dan kreasi bagi kepentingan masyarakat yang saudara saudari pimpin, jadi amanah ini harus disikapi dengan bentuk rasa bersyukur dengan melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang sebaik-baiknya,” ujar Bupati.
Salah satu tugas dari para Pj Kakon menurut Bunda Dewi ialah mengawal proses pemilihan kepala pekon (Pilkakon) serentak yang diikuti oleh 220 pekon se-Kabupaten Tanggamus agar berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan, disini Pj Kakon harus mampu membangun hubungan yang baik dengan pihak-pihak yang akan membantu tugas Pj Kakon dilapangan salah satunya Pilkakon. 
Pemkab Tanggamus dalam hal ini, lanjutnya, berusaha keras untuk mengakomodir keinginan terkait dengan pelaksanaan tahapan pilkakon, tetapi tetap mengedepankan kondusifitas dan stabilitas keamanan di Kabupaten Tanggamus dan harus sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku.
“Sebagai Pemerintah Daerah, tentu kami juga tidak bisa melampaui apa yang telah menjadi keputusan oleh pemerintah pusat, jadi kami juga dibantu memberikan pengertian kepada masyarakat, maupun kepada calon kepala pekon, mudah mudahan mendapatkan izin dari pusat sehingga tahapan pilkakon tetap dilaksanakan pada tahun ini, tentunya setelah pilkada serentak digelar,” terangnya.
Kegiatan pembinaan yang melibatkan seluruh Pj kakon tersebut dilaksanakan dalam dua sesi dimana sesi pertama diikuti Pj Kakon dari 10 Kecamatan lalu sesi selanjutnya bagi Pj Kakon dari Kecamatan Airnaningan, Ulubelu, Kelumbayan, Kelumbayan Barat, Ulubelu, Pematang Sawa, Pugung, Bulok, Sumberejo, Wonosobo. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafii, Asisten Bidang Pemerintahan Faturrahman, Inspektorat, Kabag Tata Pemerintahan Syarif Zulkarnain, serta para camat. (***)

Komentar