oleh

Obyek Wisata Diminati Pengunjung!

Realita Lampung – Obyek-obyek wisata daerah yang mengalir seperti air dan diminati wisatawan daerah di Kabupaten Lampung Utara saat ini menjadi pilihan warga bersama keluarga untuk berlibur.

Meski wahana permainan untuk anak-anak masih terbilang minim namun dua tempat di Kabupaten Lampung Utara ini menjadi pilihan warga untuk berlibur. Tempat-tempat yang saat ini diminati pengunjung seperti wisata Bendungan Tirta Shinta di Kecamatan Kotabumi Utara, Lebah Bambu Kuning di Kecamatan Abung Selatan dan di wisata alam The Green Bamboo di Desa Sri Bandung, Kecamatan Abung Tengah.

Untuk fasilitas di The Green Bamboo sudah lumayan untuk anak-anak bermain di aliran kali yang ada di wahana tersebut. Selain itu untuk kesiapan petugas jaga di sungai itu juga sudah baik dan siaga namun perlu ditambah personilnya sebagai upaya mengantisipasi. Seperti diungkapkan Yeni salah seorang pengunjung.

“Mereka sigap sekali kalau liat pengunjung bermain di air kebawa arus deras, cepet gerak untuk bantu. Top markotop pokoknya,” ujarnya menyatakan mantab. 

Meski sudah menjadi pilihan wisatawan ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian Pemerintah Daerah setempat. Hal ini tentunya terkait infrastruktur jalan supaya diperbaiki lagi. 


Perbaikan infrastruktur jalan ini tentunya diminta kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Utara. Pemerintah Provinsi Lampung juga telah menyerukan agar sektor pariwisata bisa segera ditingkatkan. Melihat kondisi wisata-wisata daerah yang ada saat ini dan menjadi alternatif bagi masyarakat setempat untuk berlibur tentunya kondisi jalan menuju tempat wisata harus diperbaiki. 

Baik itu infrastruktur jalan menuju Bendungan Tirta Shinta di Kecamatan Kotabumi Utara, Lebah Bambu Kuning di Kecamatan Abung Selatan dan di wisata alam The Green Bamboo di Desa Sri Bandung, Kecamatan Abung Tengah.
“Akses jalan masuk dan keluar kendaraan perlu dipertimbangkan untuk diperluas atau dibuat jalur terpisah. Karena aksesnya cuma ada satu, dengan lebar jalan cukup untuk satu mobil aja. Sementara untuk wisata The Green Bamboo sudah menjadi pilihan untuk liburan,” ungkap seorang pengunjung.

Permintaan untuk pebaikan infrastruktur jalan itu juga disampaikan oleh Kepala Desa Wonomarto, karena kondisi jalan menuju tempat wisata khususnya di Bendungan Tirta Shinta yang ada di desa yang dia pimpin saat ini kondisinya kian memperihatinkan. 

“Kita berharap Pemerintah Kabupaten untuk bisa memperbaiki insfratruktur jalan ini. Kami dari Bumdes akan meningkat pelayanan dan menambah wahana permainan dan lainnya,” kata Waskito Yusika.
Disisi lain, Redy Apriyansyah selaku Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lampung Utara mengatakan, untuk tempat-tempat wisata yang ada di kabupaten tersebut di momen liburan yang diminati pengunjung diantaranya, the green bamboo, lembah bambu kuning dan bendungan tirta shinta karena di lokasi-lokasi itu kondisinya masih alami dan jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota.
Selain itu wisata alam yang diminati pengunjung saat ini adanya sejumlah air terjun atau curup yang saat ini mulai dikembangkan.
Peperti Curup Jono di Desa Way Isem, di Kecamatan Sungkai Barat dan curup Klawas di Desa Pekurun Barat, Kecamatan Abung Tengah dan curup-curup yang ada di Kecamatan Bukit Kemuning. 
Menurutnya, untuk tempat wisata selain dari air terjun Kelawas di Kecamatan Abung Tengah itu juga ada taman wisata kolektif dan taman wisata air bening. 
“Selain tempat wisata arum jeram (the green bamboo). Ada juga wisata pegunungan flora dan fauna ini tempat wisata yang ada di Kecamatan Abung Tengah,” ungkapnya. (***)

Komentar