oleh

PWI Penyapa, DLH Gelorakan Program Bersih, Sehat dan Nyaman

Realita Lampung – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Lampung Utara menggalakkan program ‘PWI Lampura Menyapa’.

Kegiatan yang mulai diagendakan itu rencananya akan berjalan setiap hari Jumat yang merupakan suatu kunjungan dari jajaran pengurus PWI Lampung Utara ke instansi Pemerintah dan Swasta.

Dikatakan, Ketua PWI Lampung Utara, Jimi Irawan tujuan dari program itu selain mempererat silaturahmi, juga sebagai ajang untuk menyerap aspirasi dari instansi yang merupakan mitra kerja PWI, serta program kerja yang mereka jalankan. Dalam kunjungan dengan nuansa non formil, tersebut, PWI juga menampung kritik dan saran yang disampaikan.

Program kerja ini mulai dilakukan jajaran pengurus PWI Lampung Utara pada Jumat 11 September 2020, turut mendampingi Ketua PWI Lampung Utara, Jimi Irawan, Rozi Ardiansyah, Evicko Guantara dan , Lutfansyah yang mendatangi Dinas Lingkungan Hidup setempat.

Dalam pertemuan itu banyak hal yang disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Tomy Suciadi di program kerjanya kedepan. Diantaranya, Dinas Lingkungan Hidup setempat tengah melakukan langkah percepatan dibidangnya dalan mewujudkan Kabupaten Lampung Utara yang bersih, nyaman dan indah.

“Untuk menciptakan Kabupaten Lampung Utara yang bersih, nyaman dan indah itu, kami mulai dari upaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya hidup bersih atau lingkungan bersih,” kata Tomy Suciadi.

Selain itu, mantan Kabag Protokol Pemkab Lampung Utara itu juga mengaku pihaknya akan memenuhi indikator yang telah ditentukan guna meraih kembali Adipura.

”Program atau langkah kerja perlahan-lahan akan direalisasikan dengan tetap melibatkan semua pihak. Yang lainnya, kami pun tengah menggodok untuk menciptakan bank sampah atau TPS3R (mengurangi, menggunakan, daur ulang). Yang manfaat TPS3R ini akan menjadikan penghasilan tambahan bagi masyarakat, tentunya akan dibekali dengan pelatihan,” jelasnya.

Lainnya, lanjut Tomy, seperti menggurangi ketergantungan masyarakat akan plastik. ”Bagaimana Lampura bebas dari polusi plastik, dan menjadikan tempat pembuangan sampah (TPS) menjadi tempat obyek wisata serta  beberapa langkah program kerja lain yang akan dilakukan secara bertahap,” paparnya.

Ketua PWI Lampung Utara, Jimi Irawan mengapresiasi langkah Dinas Lingkungan Hidup dalam rangka menciptakan Kabupaten Lampung Utara yang bersih, nyaman, dan indah.

“Inilah tujuan dari program PWI Lampura menyapa. Dimana selain bersilahturahmi juga mendengar atau mengetahui secara langsung langkah atau program kerja yang telah disusun. Kami sangat mendukung program kerja tersebut. Dukungan diberikan sesuai dengan tupoksi PWI,” kata Jimi Irawan.

Kunjungan akan kami lakukan secara spontanitas ke suatu instansi di tiap Jumat. Dalam kunjungan kedepan, semua anggota PWI akan dilibatkan dalam kegiatan PWI menyapa ini secara bergilir sesuai dengan bidang di keorganisasiannya,” lanjutnya. (***)

Komentar