oleh

Amankan Hutan Lindung, Polhut Giatkan Patroli – Sosialisasi

Anggota Polisi Kehutanan (Polhut) KPH Way Waya – Tangkit Tebak dari Dinas Kehutanan Provinsi Lampung saat giat patroli di kawasan hutan lindung, fhoto: ist/ Agus

Realita Lampung – Polisi Kehutanan (Polhut) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Way Waya – Tangkit Tebak dari Dinas Kehutanan Provinsi Lampung dalam mengantisipasi pembalakan liar terus melakukan patroli di wilayah hutan lindung.

Kepala KPH Way Waya – Tangkit Tebak, Luluk Setyoko, S. Hut, M.eng mengatakan, dalam kegiatan patroli itu jajarannya juba melakukan sosialisasi kepada masyarakat penggarap Hutan Kemasyarajatan (HKm), meski hutan negara yang dipemanfaatan utamanya ditujukan untuk memberdayakan masyarakat tapi tidak dibenarkan jika merusak pohon-pohon di areal garapannya.

“Kami tadi juga mensosialisasikan larangan pengunaan senapan angin dikawasan hutan lindung, meminta masyarakat penggarap HKm untuk tidak merusak pohon diareal garapannya, baik dengan diteras maupun diracun pohonnya, yang bisa membuat pohon itu mati,” ujarnya.

Ditambahkan, Bustami selaku Kanit Polhut Dinas Kehutanan Provinsi Lampung selama dua hari terakhir Polhut giat melakukan patroli dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang larangan-larangan di wilayah hutan lindung.

“Kegiatan ini sudah berjalan dua hari, mulai dari Sabtu 12 September dan Minggu 13 September 2020, dan anggota dibagi menjadi dua tim,” kata Bustami.

Tim 1 yang dia pimpin bersama empat orang anggota Polhut Way Waya – Tangkit Bebak yang dibantu pengurus kelompok HKm melakukan patroli pengamanan hutan diwilayah Say Kijang dan Pekandangan di Register 39 Kota Agung Utara.

Dalam kegiatan itu ditemukan pembukaan lahan baru. Tim melakukan tindakan dengan memusnahkan gubuk perambah, mengambil titik koordinat, mengambik gambar lokasi (poto) dan mencari informasi pelakunya.

Sementara tim ke 2 dipimpin oleh Aget Nawawi beserta 3 orang anggota mendampingi penyuluh kehutanan melakukan pembinaan dikelompok Karya bersama 16 di Talang Durahman Register 39 Kota Agung Utara.

Lanjut Bustami, pada hari Minggu 13 September 2020. Tim 1 Polhut Way Waya – Tangkit Tebak melakukan kembali melakukan patroli kedua di lokasi curup 7 di Daerah Ulu Berak, ditemukan aktifitas pembukaan lahan lagi, lalu tim kembali memusnakan gubuk perambah tersebut, dan tim 2 Polhut WaybWaya – Tangkit Tebak, sekira jam 09.15 WIB melakukan pembinaan pada kelompok Karya bersama 17 di Talang Adiluwih Register 39 Kota Agung Utara.

“Kemudian sekira jam 11.00 WIB kita kembali melakukan pembinaan di kelompok Karya Baru di Talang Sukajadi Register 34 Tangkit Tebak,” jekasnya. (***)

Komentar