oleh

Cegah Penyebaran Covid-19, Ditlantas Polda Lampung Rapid Supir Bus

Realita Lampung (Bandar Lampung) – PT Jasa Raharja bersama Ditlantas Polda Lampung mengadakan kegiatan rapid tes secara gratis kepada ratusan awak bus angkutan umum di Terminal Rajabasa.

Kegiatan ini dilakukan guna menekan angka penyebaran coronavirus disease 2019 atau covid-19 di tengah-tengah masyarakat pengguna angkutan umum.

Para supir berikut awak bus AKDP dan AKAP menjalani rapid test di Terminal Rajabasa, Lampung, Senin 21 September 2020.

Pemeriksaan dilakukan untuk deteksi dini karena jumlah kasus penyebaran covid-19 terus bertambah di Provinsi Lampung.

Para supir dan awak bus langsung diarahkan menjalani rapid test begitu masuk kawasan Terminal. Ditlantas Polda Lampung mengarahkan para sopir menjalani rapid test oleh tim Dinas Kesehatan Bid Dokes Polda Lampung.

Menurut Made Nyeneng salah seorang supir bus, kegiatan ini disambut antusias para sopir dan awak bus di Terminal Rajabasa, para sopir mengaku lebih dapat memastikan kesehatan pasca mengikuti rapid trest dan tetap melaksanakan protokol kesehatan serta pembatasan fisik baik bagi para awak bus maupun para penumpang.

Direktur Lalu Lintas Polda Lampung, Kombes Pol Donny Sabardi Halomoan Damanik mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk mencegah terjadinya penyebaran vurus terhadap penumpang angkutan umum.

Supir bus menjadi salah satu yang berisiko terpapar covid-19, pasalnya mereka berinteraksi dan mengangkut banyak penumpang dari luar kota atau luar provinsi. Ini merupakan upaya deteksi dini dengan melakukan rapid test kepada supir dan awak bus.

Selain itu, juga bertujuan agar para pengguna jasa angkutan umum bus tidak perlu khawatir karena operasional bus dilakukan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Dalam kegiatan ini seluruh supir dan kernet bus dipastikan bebas dari penyebaran covid-19, sehingga semua penumpang yang akan menggunakan angkutan darat pun merasa aman dari penyebaran virus yang angka positifnya di Provinsi Lampung terus bertambah.

Selain melakukan rapid tes massal kepada sopir dan awak bus petugas juga membagikan ratusan paket berisi masker dan hand sanitizer kepada para penumpang bus, papar Direktur Lalu Lintas Polda Lampung. (***)

Komentar