oleh

Tekab 308 Polres Way Kanan Ringkus Pelaku Curanmor

 

Realita Lampung (Way Kanan) – Tim Tekab 308 Polres Way Kanan bersama unit Reskrim Polsek Pakuan Ratu berhasil mengamakan pelaku pencurian dengan kekerasan yang terjadi di areal perusahaan BLS pada 21 Juli 2020 lalu. 

Kasat Reskrim Polres Way Kanan, AKP Devi Sujana mewakili Kapolres AKBP Binsar Manurung menjelaskan, kronologis kejadian curas itu terjadi pada hari Selasa 21 Juli 2020 sekitar pukul 14.30 WIB lalu di areal PT BLS yang berada di Kampung Serupa Indah, Kecamatan Pakuan Ratu, Kabupaten Way Kanan.

Pada saat itu, kata Kasat, korban sedang dalam perjalanan dari areal perkebunan PT BLS menuju rumahnya yang berada di mess camping perusahaan BLS, di perjalanan korban yang mengendarai sepeda motor honda supra fit warna hitam dengan nomor polisi Z 4066 AH, yang saat itu sepeda motor korban kehabisan bahan bakar sehingga korban mendorong sepeda motor miliknya tersebut.

Beberapa waktu kemudian, lanjut AKP Devi Sujana, melintaslah 4 orang laki-laki yang berpura-pura akan menolong korban. Namun setelah bahan bakar sepeda motor korban sudah terisi, pelaku langsung pergi dengan membawa sepeda motor korban berikut satu unit handphone merek xiaomi 4A, warna abu-abu dan satu unit handpone oppo A3S warna abu-abu milik korban.

Selanjutnya keluarga korban berusaha untuk mencari keberadaan sepeda motor yang telah dicuri para pelaku, dan pada saat proses pencarian ditemukan 4 orang pelaku tersebut sedang berada di sebuah gubuk di PT BlS. 

“Mengetahui dicari, para pelaku melarikan diri dan meninggalkan sepeda motor milik korban dan juga sepeda motor yang diduga milik pelaku dengan jenis suzuki smas titan warna hitam,” jelas Kasat.

Dari peristiwa itu, para pelaku sudah dikenali oleh saksi namun mereka berhasil melarikan diri. Selanjutnya sepeda motor korban dan sepeda motor jenis suzuki titan yang diduga milik pelaku diamankan di Polsek Pakuan Ratu. 

Untuk kronologis penangkapan pelaku, lanjutnya, dilakukan pada Selasa 22 September 2020 oleh anggota Polsek Pakuan Ratu setelah mendapatkan informasi dari warga, tentang keberadaan pelaku di wilayah Sungkai Utara.

Mendapatkan informasi tersebut anggota kemudian melakukan penyelidikan dan sampai dilokasi petugas gabungan Tekab 308 Polres Way Kanan, bersama unitreskrim Polsek Pakuan Ratu mengamati dua orang yang diduga pelaku berada di dalam rumah, ketika dilakukan penyergapan kedua pelaku melarikan diri ke arah sungai. 

Namun seorang pelaku inisial FF (23) berhasil tertangkap, sedangkan pelaku lainnya berhasil melarikan diri, dan selanjunya pelaku dibawa ke Polsek Pakuan Ratu guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Atas perbutannya pelaku ini dapat diancam dengan pelanggaran Pasal 365 KUHPidana, tentang pencurian dan kekerasan dengan hukuman penjara maksimal 9 tahun penjara,” pungkasnya. (*)

Pewarta : Sandi

Komentar