oleh

Wisata Unggulan Lampung Terkenal di Mancanegara

 

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan kawasan yang masuk dalam situs warisan dunia UNESCO. Taman nasional ini dilindungi dalam rangka pelestarian hutan hujan tropis.

Di taman nasional ini terdapat pantai, hutan hujan dataran rendah dan hutan hujan pegunungan yang menjadi rumah para Gajah Sumatera, Badak Sumatera, dan Harimau Sumatera. Jika beruntung, para pengunjung juga bisa melihat Rafflesia Arnoldi dan Kantong Semar di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini.

Cara menuju ke Taman Nasional Bukit Barisan Selatan:

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan berada 170 kilometer dari Kota Bandar Lampung. Pengunjung bisa melakukan perjalanan awal dengan menaiki kendaraan umum di terminal Rajabasa ke Kota Agung di Kabupaten Tanggamus.

Kantor Balai Besar TNBBS berada di jalan Ir. H. Juanda 19, Kota Agung, Tanggamus. Lapor dan izin terlebih dahulu ke TNBBS. 

Wisata Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas adalah pusat konservasi hewan-hewan yang hampir punah seperti Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, Mentok Rimba, Badak Sumatera, dan Buaya Sepit.

Taman Nasional Way Kambas terletak di Kabupaten Lampung Timur dan banyak menyimpan pemandangan yang tidak biasa. Di sini pengunjung juga bisa melihat Kuan Raja, Burung Pependang Timut, Bangau Tongtong, dan Sempidan Biru serta masih banyak lagi hewan unik dan langka lainnya.

Cara menuju ke Taman Nasional Way Kambas:

Dari terminal Rajabasa naiklah bus jurusan Rajabasa-Way Kambas sekitar 3 jam perjalanan. Bus ini biasanya akan langsung mengantarkan penumpang ke penangkaran gajah sehingga pengunjung tak perlu lagi mencari ojek atau angkutan lain menuju ke pusat penangkarannya.

Teluk Kiluan adalah sebuah tempat yang terkenal dengan pemandangan lumba-lumba di lautan lepas. Di sini para lumba-lumba biasa hidup dan beraktivitas.

Selain bisa melihat lumba-lumba, para pengunjung juga bisa mengunjungi Pulau Kelapa yang berada di dekat Teluk Kiluan yang terkenal dengan pasir lembut dan indah. Bukan hanya itu saja, di dekat Teluk Kiluan juga terdapat Laguna Gayau, sebuah kolam air alami yang terjebak oleh bebatuan karang. Pengunjung bisa berendam di sini dengan tenang.

Cara menuju ke Teluk Kiluan

Teluk Kiluan berada di wilayah Tanggamus. Untuk bisa sampai di sana Kamu bisa menggunakan Bus Damri dari Terminal Rajabasa Bandar Lampung menuju Hanura, setelah sampai ke Hanura carilah ojek untuk diantarkan menuju Desa Bawang. Nah, setelah itu Kamu bisa naik ojek lagi untuk bisa sampai di Teluk Kiluan. Dari Teluk Kiluan, Kamu bisa memesan kapal untuk menuju Pulau Kiluan.

Tanjung Setia adalah tempat para surfer yang hobi mengarungi ombak. Biasanya tempat ini akan penuh dengan papan surfing  dan para bule yang ingin menjajal ombak Tanjung Setia yang sudah terkenal di mancanegara.

Bagi pengunjung yang hobi mengarungi ombak seharusnya juga mencoba untuk berselancar di Tanjung Setia ini.

Cara menuju ke Tanjung Setia

Dari Bandar Lampung, pengunjung bisa menaiki bus jurusan Rajabasa Bandar Lampung-Krui dengan tujuan langsung ke Pantai Tanjung Setia yang akan melewati Jalan Raya Trans Sumatera.

Menara Siger merupakan objek wisata yang bisa diakses dengan mudah saat ke Lampung. Objek wisata ini berada di Bakauheni, Lampung Selatan dan memiliki pemandangan yang sangat indah.

Menara Siger ini adalah menara yang menjadi ikon menyambut kedatangan orang-orang yang datang ke Pulau Sumatera khususnya Lampung.

Cara menuju ke Menara Siger

Menara Siger bisa diakses hanya dengan berjalan kaki dari Pelabuhan Bakauheni dalam 30 menit atau naik ojek sekitar 10 menit. (*)

Komentar