oleh

Tim Tanggap Siaga BPBD Menormalkan Gorong-gorong

Realita Lampung – Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Utara tengah melakukan normalisasi gorong-gorong yang tersumbat pasca hujan lebat yang terjadi pada Kamis 1 Oktober 2020 dan mengakibatkan 51 rumah warga di bilangan perumahan griya maffan tergenang bajir.

Kepala BPBD Lampung Utara, Karim SR mengatakan, sejak semalam timnya sudah melakukan evakuasi barang-barang milik warga dan tengah melakukan normalisasi titik-titik penyumbatan air yang mengakibatkan banjir tersebut. 

“Banjir itu terjadi karena debit air yang mengalir di drainase daerah itu tidak tertampung, dan daerah perumahan itu merupakan dataran rendah,” ujar Karem SR, Jumat 2 Oktober 2020.

Dijelaskan, Mery Edialis selaku Kabid Darlog BPBD Lampung Utara dari pendataan tim tanggap siaga sedikitnya ada 51 rumah warga yang terkena banjir di kawasan perumahan Griya Maffan yang ada di Jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara (ARPN), Kelurahan Kelapatuju, Kecamatan Kotabumi Selatan tersebut.

“Di RT satu LK satu ada lima rumah, di RT lima LK satu 12 rumah, lalu di RT tiga LK empat ada sepuluh rumah, dan lainnya ada 24 rumah,” kata Mery Edialis.

Sejak semalam tim tanggap siaga BPBD Lampung Utara sudah melakukan evakuasi dan siang ini tengah melakukan pebormalisasi gorong-gorong yang tersumbat oleh sampah sehingga mengakibatkan banjir tersebut. 

“Tim masih di lokasi, mereka masih menormalkan gorong-gorong penyebab terjadinya penyumbatan aliran air sehingga terjadinya banjir itu,” lanjutnya. (***)

Komentar