oleh

Kronologis Ayah Cabuli Anak, Ikuti Nafsu Bejat Lebih dari Empat Tahun

Pelaku pencabulan saat ditangkap Unit PPA Satreskrim Polres Lampung Utara, foto: ist

Realita Lampung – Lebih dari empat tahun kelakuan bejat sang ayah melakukan pencabulan terhadap putrinya sejak tahun 2016 lalu baru terbongkar di tahun 2020.

Peristiwa memilukan yang dialami oleh salah seorang putri di wilayah Kecamatan Abung Selatan, Lampung Utara dalam melayani nafsu bejat sang ayah itu terjadi sudah lama dan baru diketahui sang adik pada Kamis 24 September 2020 lalu.

Kelakuan mengikuti nafsu bejat seorang ayah berinisial TR usia 36 tahun tersebut dan tega mencabuli anaknya (anak tirinya) yang masih berusia 14 tahun itu akhirnya ditangkap polisi dari unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Lampung Utara.

Menurut Kapolres Lampung Utara, AKBP Bambang Yudho M. SIK, M. Si, melalui Kasat Reskrim, AKP Gigih mengatakan, peristiwa tersebut langsung ditindak lanjuti jajarannya setelah menerima laporkan ibu korban yang melapor ke Mapolres Lampung Utara pada Senin 28 September 2020 dan tertuang dalam : LP/ 953) B/IX/ 2020/ Polda Lpg/ Res LU.

Dijelaskan, AKP Gigih terungkapnya peristiwa tersebut setelah adik kandung korban yang juga seorang putri berinisial RD menceritakan kepada ibunya pada hari Kamis 24 September 2020 lalu.

Berdasarkan laporan dan keterangan saksi-saksi, kronologis kejadian pada waktu itu sekira pukul 05.00 WIB ibu kandung korban merasa curiga karena melihat pintu kamar anaknya terbuka, lalu ibu korban masuk dan bertanya kepada kedua anaknya, kenapa pintu kamarnya terbuka, apakah sudah pada selesai melaksanakan sholat subuh, lalu sambil menangis salah seorang anaknya menceritakan bahwa “kakak” (panggilan RD kepada korban) takut sama ayah, karena ayah nganuin kakak (mencabuli), putrinya. 

Mendengar pengakuan itu sontak ibu korban langsung shock, segala macam rasa bercampur bahkan amarahpun pasti ada dan mereka memutuskan untuk pergi dari rumah.

Selanjutnya, kata Kasat, pada hari Senin 28 September 2020, ibu korban melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Lampung Utara tanpa sepengetahuan suaminya (pelaku).

Atas laporan tersebut, setelah dilakukan pemeriksaan kepada korban dan saksi-saksi, pada hari Jumat 2 Oktober 2020 sekira pukul 18.30 WIB, Unit PPA bersama Tekab 308 Satreskrim Polres Lampung Utara yang di pimpin Ipda Demi berangkat menuju rumah pelaku (TR) dan berhasil menangkapnya kemudian lansung membawa pelaku ke Mapolres Lampung Utara.

Dari hasil pemeriksaan, lanjut AKP Gigih, baik terhadap koban maupun pelaku, di peroleh keterangan bahwa kelakuan bejat sang ayah tiri itu melakukan pencabulan terhadap korban sudah dilakukannya sejak tahun 2016 lalu, di rumahnya, perbuatan itu tidak lagi dapat diingat oleh pelaku karena sudah sering kali dilakukannya. 

“Saat ini pelaku sudah diamankan di Polres Lampung Utara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” ujar Kasat.

Terhadap pelaku berinisial TR tersebut polisi akan menjeratnya dengan pelanggaran Pasal 82 Undang-Undang RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang pengganti PP nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang perlindungan terhadap anak menjadi Undang-Undang dengan ancaman kurungan selama 15 Tahun penjara, lanjut AKP Gigih. (***)

Komentar