oleh

Kasus Konfirmasi Covid-19 Terus Bertambah, Masyarakat Diminta Saling Mengingatkan

  

Ketua Posko Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung Utara, Sanny Lumi, S. STP, M. Si

Realita Lampung – Jumlah kasus konfirmasi positif coronavirus disease 2019 atau Covid-19 di Kabupaten Lampung Utara terus bertambah, Tim Satgas minta masyarakat turut serta meningkatkan kewaspadaan dan serius dalam menerapkan protokol kesehatan karena saat ini telah berjumlah 132 kasus.

Ketua Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lampung Utara, H. Budi Utomo, SE, MM, melalui Ketua Posko, Sanny Lumi, S. STP, M. Si, menyampaikan imbauan Pemkab Lampung Utara agar masyarakata bisa terus bersama-sama menyadari kondisi saat ini yang masih dalam keadaan pandemic Covid-19. 

“Penambahan ini akan terus ada kalau kita tidak bersama-sama melakukan pencegahan penularannya. Kita berharap masyarakat bisa terus saling mengingatkan dan mentaati imbauan yang telah ditetapkan pemerintah sebagai aturan di masa pandemi covid-19 ini. Karena ini caranya memutus rantai penyebarannya,” ungkap Sanny Lumi, Rabu 7 Oktober 2020.

Lanjutnya, kondisi saat ini untuk perkembangan kasus covid-19 di Kabupaten Lampung Utara jumlahnya telah mencapai 132 kasus konfirmasi atau positif terpapar covid-19. Rincian sebanyak 88 kasus telah selesai menjalani isolasi, 33 kasus dalam prosesisolasi dan 2 kasus meninggal dunia. 

“Ada kasus penambahan baru sebanyak sembilan kasus, enam diantaranya masih satu keluarga yang merupakan pelaku perjalanan keluar daerah, dan tiga kasus lainnya merupakan hasil tracing dari kasus konfirmasi positif sebelumya,” kata Sanny Lumi. 

Keenam kasus konfirmasi postif baru tersebut merupakan warga Kecamatan Kotabumi, mereka merupakan kasus konfirmasi baru yang merupakan pelaku perjalanan dari wilayah DKI Jakarta pada tanggal 21 September 2020 lalu menggunakan mobil pribadi dan kembali ke Lampung Utara pada tanggal 25 September 2020 dalam rangka menjenguk keluarganya yang sakit di Jakarta. Keenam korban paparan covid-19 itu semuanya berjenis kelamin perempuan, usia dari 10 tahun, 14 tahun, 42 tahun, 51 tahun, 60 tahun dan 63 tahun. 

Sementara tiga kasus lainnya hasil tracing kontak erat dari seorang pasien covid-19 sebelumnya yang dirawat di rumah sakit Pemerintah Kabupaten Lampung Utara. Kasus konfirmasi positif covid-19 ini, berjenis kelamin usia 12 tahun berdomisili di Kecamatan Kotabumi Selatan. Lalu kasus lainya berjenis kelamin laki-laki usia 54 tahun domisili di Kecamatan Kotabumi Selatan yang merupakan hasil tracing kontak erat dari seorang pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit Pemerintah Kabupaten Lampung Utara dan juga merupakan pelaku perjalanan dari Bandar Lampung dan Bekasi pada tanggal 18 – 20 September 2020 lalu.

Kemudian hasil tracing berikutnya berjenis kelamin perempuan usia 10 tahun juga warga Kecamatan Kotabumi Selatan diketahui terkonfirmasi dari hasil tracing kontak erat dari kasus konfirmasi positif covid-19 sebelumnya. “Yaitu seorang pemilik toko kosmetik di Kecamatan Kotabumi Selatan yang juga merupakan seorang pendidik di salah satu pasilitas pendidikan di Kecamatan Bunga Mayang, Lampung Utara,” jelas Sanny Lumi. 

Kepada kasus konfirmasi positif covid-19 ini, tambah Sanny Lumi, dilakukan swab test pada tanggal 2 dan 3 Oktober 2020. Sampel swab dikirimkan ke Dinas Kesehatan Povinsi Lampung pada tanggal 3 Oktober 2020, dan pada tanggal 6 Oktober 2020 diinformasikan dari Balai Besar POM Bandar Lampung bahwa sembilan orang ini terkonfirmasi positif covid-19, dan semua kasus saat ini dilakukan isolasi mandiri. (***)

Komentar