oleh

Penuh Semangat, Kaum Perempuan Akan Jadikan Lampung Utara Tempat Bordir

Foto kegiatan keterampilan ibu-ibu di PKBM Al Hidayah, Bukit Kemuning, Kamis 8 Oktober 2020.

Realita Lampung – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kabupaten Lampung Utara mulai kembangkan hasil pelatihan dengan menerapkan keterampilan menjahit bagi perempuan agar dapat memiliki kecakapan dalam membantu peningkatkan ekonomi keluarga.

Di PKBM Al Hidayah, Bukit Kemuning, Kamis 8 Oktober 2020
Dikatakan Yeni Sulistina selaku Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara setelah melakukan peninjauan pada PKBM beserta Saimonana sebagai Penilik Pendidikan Non Formal, Kamis 8 Oktober 2020.

Peninjauan dalam rangka pembinaan dan melihat secara langsung kegiatan ketrerampilan menjahit yang dilakukan oleh PKBM itu hari ini berlangsung di PKBM Al Hidayah, Bukit Kemuning dan di PKBM Way Gendot, Desa Sindang Agung, Kecamatan Tanjung Raja.

Dijelaskan Yeni Sulistina, keterampilan yang dilakukan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM ini merupakan tindak lanjut dalam pelaksanaan program peningkatan kualitas hidup lerempuan yang diberikan Direktorat Jenderal Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada PKBM yang ada di Kabupaten Lampung Utara.

Foto kegiatan PKBM di Way Gendot, Desa Sendang Agung, Tanjung Raja, Kamis 8 Oktober 2020.

“Untuk itu kita melakukan pembinaan dan guna melihat secara langsung jegiatan keterampilan menjahit membuat bantal kursi oleh PKBM Al Hidayah Bukit Kemuning dan keterampilan menjahit bordir aneka perlengkapan rumah tangga yang ada dilakukan PKBM Way Gendot, di Desa Sindang Agung, Kecamatan Tanjung Raja,” kata Yeni Sulistina.

Menurut Atu sapaan akrab Yeni Sulistina, program ini diberikan kepada masing-masing PKBM agar dapat memberikan pelatihan keterampilan bagi para perempuan agar dapat memiliki kecakapan dan dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarganya.

Yeni Sulistina selaku Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara saat bersama ibu-ibu di PKBM Way Gendot, Kecamatan Tanjung Raja, Kamis 8 Oktober 2020.

Para peserta yang mayoritas adalah perempuan dan diberikan pelatihan itu menyambutnya dengan antusias dan penuh semangat mengikuti pelatihan tersebut karena mereka merasa mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat dan dapat membantu perekonomian keluarga masing-masing.

Hal itu disampaikan Ketua PKBM Al Hidayah Bukit Kemuning, Zainal Muttaqin. Kegiatan yang dilaksanakan para perempuan ini juga sebagai tindak lanjut dari pelatihan dan menurutnya akan dikembangkan menjadi kelompok usaha bersama.

Kegiatan keterampilan ibu-ibu di PKBM Way Gendot, Kec Tanjung Raja, Kamis 8 Oktober 2020.

Setelah melihat secara langsung kegiatan keterampilan di PKBM Al Hidayah, Bukit Kemuning, Yeni Sulistina bersama Saimonana melanjutkan peninjuan pelaksanaan kegiatan menjahit bordir aneka perlengkapan rumahtangga yang ada di PKBM Way Gendot, Desa Sindang Agung, Kecamatan Tanjung Raja.

Di PKBM ini keterampilan yang dibuat oleh para ibu-ibu yang mengikuti pelatihan tersebut, menjahit sulam tempel bordir. Diantaranya taplak meja, bantal kursi, tutup kulkas dan lain-lain.

Chandra selaku Ketua PKBM Way Gendot menuturkan, para peserta dilatih langsung oleh pengrajin bordir yang memang berasal dari desa setempat.

Dengan demikian, diharapkannya, kegiatan-kegiatan positif di masa pandemi ini nantinya akan menjadi salah satu sektor pendorong peningkatan ekonomi keluarga. Selain itu akan dapat membantu masyarakat untuk menjadikan hasil karya jahit bordir sulam tempel ini sebagai salah satu ciri khas Desa Sindang Agung kedepannya. (***)

Komentar