oleh

Kado Istimewa untuk Pelatih Timnas Indonesia U19 4 vs Makedonia Utara 1

Screenshots video saat pertandingan Timnas Indonesia U19 vs Makedonia Utara

Realita Lampung – Shin Tae-yong tepat berulang tahun yang ke-50 saat Timnas U-19 Indonesia menang 4 – 1 atas Makedonia Utara dalam partai yang dihelat di Stadion NK Njunak Sinj, Split, Minggu (11/10/2020) malam.

Garuda Nusantara kembali memetik kemenangan dalam laga ujicoba yang digelar Oktober ini. Kali ini korbannya adalah Makedonia Utara. Timnas U-19 Indonesia sukses mencetak 4 gol yang masing-masing dipersembahkan oleh Witan Sulaeman (12′), Jack Brown (58′ dan 69′), dan Irfan Jauhari (83′).

Skuad timnas U19 Indonesia, Foto: ist/ Dok. PSSI

Sementara gol semata wayang Makedonia Utara dicetak oleh Dimitar Todorovski pada menit ke-48 lewat titik penalti. Dominasi Timnas U-19 Indonesia sudah terlihat sejak awal saat membuka keunggulan lewat Witan Sulaiman, memanfaatkan assist dari Braif Fatari. Sayangnya Braif Fatari harus mengalami cedera dan digantikan Jack Brown pada menit ke-20.

Di luar ekspektasi, Jack Brown yang menjadi pemain pengganti justru mampu menjelma jadi bintang kemenangan. Berturut-turut, pemain bernomor punggung 10 itu mencetak gol kedua dan ketiga.

Pesta gol Timnas U-19 Indonesia kemudian ditutup oleh Irfan Jauhari yang memanfaatkan bola yang tidak ditangkap kiper Makedonia Utara dengan sempurna setelah memblok tendangan Beckham Putra.

Kemenangan atas Makedonia Utara juga menjadi kado sempurna untuk pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong. Shin Tae-yng diketahui sedang merayakan ulang tahun ke-50, tepat pada Minggu (11/10/2020).

Menurut laman Transfermarkt, Shin Tae-yong lahir di Yeongdeok pada 11 Oktober 1970. Selama berkarier sebagai pelatih, Shin Tae-yong telah mengasuh 4 tim. Pelatih asal Korea Selatan itu mengawali karier sebagai asisten pelatih di Brisbane Roard pada 2008. Kemudian ia menangani Seongnam Ilhwa sejak 2008-2010.

Kesuksesan di klub Korea itu mengantarkan Shin ditunjuk masuk menjadi bagian dari timnas Korea Selatan, mulai dari pelatih timnas Korea U-23, Timnas untuk Olimpiade hingga timnas senior.

Baru pada 2020, ia resmi dikontrak menjadi pelatih timnas Indonesia dan bertanggung jawab juga menangani timnas Indonesia kelompok usia 23 tahun dan 19 tahun. Pasca kemenangan atas Makedonia Utara, Shin Tae-yong mengaku puas dengan penampilan anak-anak asuhannya.

“Para pemain sukses menjalankan apa yang kami intruksikan kepada mereka. Pada pertandingan ini pemain juga berani dan tidak kalah saat duel dengan tim lawan yang posturnya lebih besar dengan mereka. Selain itu penyelesaian akhir juga sudah meningkat,” kata Shin dilansir BolaSport.com dari laman resmi PSSI.

“Pada pertandingan ini saya juga menempatkan Irfan Jauhari pada posisi sayap kiri yang biasanya dia menjadi striker. Hal ini berarti setiap pemain nantinya bisa saja bermain dengan berbagai posisi sesuai kebutuhan dan skema tim,” tambahnya.

Selanjutnya, timnas U-19 Indonesia akan kembali menghadapi Makedonia Utara pada Rabu (14/10/2020). (***)

Sumber: Bolasport.com

Komentar