oleh

BAWASLU; Banner, Baliho & Stiker Bupati Cuti Merugikan Pasangan Calon Lain

Ketua Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat, Irwansyah, Selasa 13 Oktober 2020

Realita Lampung – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat tidak membenarkan adanya stiker yang masih terpasang dikendaraan dinas karena Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal maju sebagai salah satu calon bupati di Pilkada serentak 2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat, Irwansyah mengatakan, adanya temuan pada kendaraan dinas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcail) Kabupaten Pesisir Barat yang masing terpasang gambar Agus Istiqlal Bupati Pesisir Barat yang tengah cuti karena maju sebagai Calon Bupati di Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang itu tidak dibenarkan.

“Kita sudah menyampaikan imbauan baik lisan maupun bersurat kepadan seluruh satker, untuk menurunkan gambar, banner, baliho, dan juga stiker bupati dan wakil bupati pada masa kampanye ini,” kata Irwansyah, Selasa 13 Oktober 2020.

Lebih lanjut dikatakannya, sampai saat ini masih ada juga satker yang membandel, belum menurunkan banner. Padahal sudah dibertahukan. Untuk itu apabila belum juga dilaksanakan maka, bawaslu akan berkoordinasi dengan Sat Pol PP untuk melakukan pencopotan baik banner, spanduk, maupun stiker di randis.

“Kami bawaslu telah menghimbau bahkan bersurat, bila masih juga membandel maka kita bersama Sat Pol PP akan melepasnya. Nanti boleh dipasang lagi setelah masa kampanye selesai yaitu tanggal 6 Desember mendatang,” ungkapnya.

Tanpa terkecuali, lanjut Irwansyah, semua randis yang berstiker harus dilepas dulu, setelah masa cuti selesai boleh dipasang lagi. Begitu juga dengan banner yang ada di satker, yang masih terpasang harap diturunkan dulu.

“Seperti yang ada di area pantai labuhan jukung masih ada banner program KB, PKK, dan satker yang di depannya masih  terpasang banner yang bergambar bupati petahana harap diturunkan dulu. Karena ini secara tidak langsung merugikan pasangan calon yang lain,” pungkasnya. (***)

Komentar