oleh

KPU Way Kanan Simulasi Aplikasi Sirekap

Realita Lampung (Way Kanan) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan mengikuti simulasi nasional ujicoba aplikasi sistem elektronik rekapitulasi (Sirekap) secara daring.

Menurut Noprisyah Harianto selaku Kordiv Teknis Penyelenggaraan KPU Way Kanan aplikasi Sirekap ini akan digunakan oleh KPPS untuk mencatat dan menginput hasil rekapitulasi perolehan suara pada pelaksanaan Pilkada mendatang.
Kegiatan aplikasi itu, lanjutnya, setelah pencoblosan dilanjutkan penghitungan dalam form C plano, nantinya KPPS akan memfoto form C plano ini melalui aplikasi Sirekap dan langsung masuk dalam database nasional. 
“Dimana penggunaan Sirekap ini, mensyaratkan KPPS yang ditunjuk memiliki smartphone android. Sirekap memudahkan KPPS mengecek kesesuaian data yang tertulis, mendeteksi salah hitung, dan tidak repot lagi menyalin form C untuk para pihak,” kata Noprisyah Harianto, Sabtu 24 Oktober 2020.
Aplikasi Sirekap akan mengeluarkan salinan C yang dapat didownload dan dishare sesuai peruntukannya. 
“Untuk diketahui KPU masih akan mengikuti bimtek dan rakor kembali. Lalu membimtek PPK hingga KPPS,” terangnya. (Sandi/**)

Komentar