oleh

BPKAD Tuba Barat Optimis Kembali Raih WTP

Realita Lampung (Tuba Barat) – Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat hingga tahun ini sudah sembilan kali memperoleh predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) secara berturut-turut.

Upaya memperoleh WTP tahun ini nampak berbeda dari tahun sebelumnya, pasalnya lantaran covid-19, pola pemeriksaan laporan keuangan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dilakukan secara jarak jauh.

“Tahun ini pemeriksaan keuangan dilakukan secara daring, Wawancara secara Teleconference, lalu laporkan keuangan juga dikirim ke BPK,” kata Mirza Irawan Dwi, Kepala BPKAD Tuba Barat, Selasa 27 Oktober 2020.

Meskipun pola pemeriksaan BPK berubah, namun tidak menjadi hambatan bagi BPKAD Tuba Barat.

“Kita cepat beradaptasi, laporan dapat terselesaikan tepat waktu. Itu salah satunya alasan kita kembali raih WTP Juni lalu, meskipun ditengah pandemi covid-19,” ujarya.

Mirza juga mengatakan, untuk ditahun mendatang, Pemkab Tuba Barat melalui BPKAD optimis dapat kembali meraih WTP dari BPK-RI.

“Kita percaya diri, tahun 2021 mendatang pasti kembali mendapat predikat opini WTP untuk yang ke-10, secara berturut-turut. Karena kita mengelola keuangan secara tertib, transparan, dan akuntabel. Apalagi dalam penyusunan laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintahan, tepat waktu, serta peningkatan kapasitas aparat pemeriksa internal di BPKAD dan Inspektorat,” pungkasnya. (Jl/Red/*)

Komentar