oleh

Konfirmasi Covid 19 Way Kanan Bertambah 6 Kasus

Kepala Dinas Kesehatan selaku juru bicara Tim Gugus Tugas Kabupaten Way Kanan, Anang R, foto: ist

Realita Way Kanan – Juru bicara Tim gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Way Kanan membenarlkan informasi adanya penambahan enam orang warga yang terpapar coronavirus disease 2019 asal Kabupaten setempat.

Kepala Dinas Kesehatan yang ditunjuk sebagai juru bicara tim Gugus Tugas Kabupaten Way Kanan Anang R menjelaskan, kronologis keenam warga tersebut berinisial SM (P28), jenis kelamin perempuan, umur 24 tahun, warga Tanjung Raja, Giham, AR (P29), jenis kelamin perempuan, umur 11 tahun, juga warga Tanjung Raja, Giham, SM (P28) dan AR (P29) merupakan kontak erat dari kasus konfirmasi covid-19 Way Kanan berinisial AS (P27).

Pada tanggal 4 dan 5 November 2020, SM (P28) AR (P29) dilakukan rapid test covid-19 dengan hasil reaktif, dilanjutkan dengan pengambilan RT PCR Swab pertama dan keduanya. Pada Selasa 10 November 2020 Tim Gugus Tugas Way Kanan mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung bahwa hasil pemeriksaan PCR Swab, SM (P28) dan AR (P29) dengan hasil konfirmasi positif covid-19, dan untuk mempercepat pemulihan walaupun tidak ada gejala maka dilakukan isolasi dan perawatan di Rumah Sakit Pemerintah, ujar Anang.

Lanjutnya, kemudian pasien berinisial M (P30), jenis kelamin perempuan, umur 32 tahun, warga Blambangan Umpu, pada tanggal 2 Oktober 2020, mempunyai riwayat perjalanan dari Jakarta, naik bus langsung turun di Kampung Bandar Sari, Kecamatan Way Tuba, Kabupaten Way Kanan sampai dengan sekarang.

Lalu pada Selasa 27 Oktober 2020, pasien mengeluh batuk, pilek dan demam, dibawa berobat jalan ke Klinik di Way Tuba. Pada Selasa 3 November 2020 akan dilakukan tindakan kuretase di salah satu Klinik di Martapura, dan sebelumnya dilakukan pemeriksaan rapid test covid-19, dengan hasil reaktif. Tanggal 4 dan 5 November 2020, dilakukan pengambilan RT PCR Swab pertama dan kedua. Selasa 10 November 2020 diinformasikan yang bersangkutan terkonfirmasi positif covid-19. Pasien juga dilakukan isolasi dan perawatan di Rumah Sakit Pemerintah.

Kemudian pasien CSP (P31), jenis kelamin perempuan, umur 27 tahun, dengan alamat Way Tuba, Way Kanan. Pada hari Senin 26 Oktober 2020 mempunyai riwayat perjalanan ke Bandar Lampung selama 3 hari. Pada Kamis 29 Oktober 2020, melakukan perjalanan ke Lampung Barat  2 hari. Senin 2 November 2020 merasakan tidak enak badan dan demam. Lalu pada Rabu 4 November 2020 merasakan hilang indera penciuman dan dilakukan pemeriksaan rapid test covid-19 dengan hasil reaktif, dilanjutkan dengan pengambilan RT PCR Swab pertama pada Kamis 5 November 2020, dan kembali dilakukan pengambilan RT PCR Swab kedua pada Selasa 10 November 2020 dan hasil pemeriksaan swab dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, CSP (P31) dengan hasil konfirmasi positif covid-19. 

Lanjut Anang, kemudian pasien ke lima berinisial LA (P32), jenis kelamin perempuan, umur 40 tahun, warga Baradatu, dan pasien ke enam berinisial IS (P33), jenis kelamin perempuan, umur 23 tahun, merupakan warga Gunung Labuhan, Way Kanan.

Dengan bertambahnya kasus konfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Way Kanan itu, Anang R mengajak warga untuk bersama-sama memperketat protokol kesehatan, untuk pakai masker jika keluar rumah, menjaga jarak atau physical distancing dan menerapkan PHBS dengan CTPS serta jaga stamina tubuh masing-masing dengan menerapkan GERMAS. “Kita semua berdoa semoga semuanya akan sehat-sehat saja,” pungkasnya. (Sandi/Red/*)

Komentar