oleh

Satresnarkoba Polres Pringsewu Amankan Dua Pengguna Narkoba

Realita Pringsewu – Aparat Polres Pringsewu di Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) berhasil mengungkap kasus tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis sabu diwilayah Pekon Fajar Esuk, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu.

Kapolres Pringsewu, AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK, melalui Kasat Narkoba, Iptu Khairul Yassin Ariga, S.Kom, berhasil diungkapnya kasus narkotika itu berkat peran aktif masyarakat yang telah menginformsikan adanya satu lokasi yang sering dijadikan tempat untuk penyalahgunaan obat-obatan terlarang. 

“Kedua pelaku yang kami amankan merupakan warga Pekon Fajar Esuk, Kecamatan Pringsewu ini berinisial TFA (22) pekerjaannya buruh dan FWE (23) yang berprofesi sebagai sopir,” kata Kasat Narkoba Iptu Khairul Yassin Ariga, S.Kom, Sabtu 14 November 2020.

Kasus ini, lanjutnya, berhasil diungkap berkat adanya laporan dari masyarakat bahwa di sebuah rumah kosong yang berada di Pekon Fajar Esuk sering digunakan sebagai tempat pesta narkotika. Mendapat informasi tersebut, anggota Satres Narkoba Polres Pringsewu melakukan serangkaian upaya penyelidikan dan kemudian pada hari Rabu 11 November 2020 sekitar pukul 00.30 WIB dilakukan upaya penggrebekan terhadap para pelaku.

“Saat dilakukan penggrebekan ternyata para pelaku sudah selesai pesta sabu dan saat dilakukan penggeledahan dari kantong saku celana TFA, kami dapatkan BB 3 buah plastik klip berisi 0,38 gram sabu dan dari kantong saku celana FWE juga sama ditemukan 1 buah plastik klip berisi 0,17 gram sabu,” jelasnya.

Lebih lanjut Kasat Narkoba Polres Pringsewu ini menerangkan, bahwa setelah dilakukan interogasi terhadap kedua pelaku tersebut didapat informasi bahwa barang bukti narkotika itu merupakan barang sisa pakai yang menurut keduanya sebagian barang telah dipakai oleh mereka bebrapa jam sebelum keduanya tertangkap.

“Sabu dibeli dari seorang seharga tujuh ratus ribu secara patungan oleh para pelaku dan sebagian sabu menurut keduanya sudah sempat dipakai bersama oleh keduanya,” lanjut Kasat.

Untuk proses penyidikan lebih lanjut kedua pelaku berikut barang bukti diamankan di Mapolres Pringsewu, dan untuk proses hukum selanjutnya terhadap kedua pelaku dijerat dengan pasal 112 ayat (1) jo pasal 137 UU RI No 35 TH 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara. (Sahlani/*)

Komentar