oleh

Tempat-tempat Wisata di Pringsewu Lampung

Realita Pringsewu – Jika anda mencari tempat wisata di Pringsewu Lampung, maka ada banyak objek yang bisa dipilih. Kabupaten dengan luas 625 kilo meter persegi ini mempunyai destinasi wisata ‘Instagrammable’ yang menarik untuk dikunjungi.

Letak Pringsewu tak jauh dengan ibukota Bandar Lampung, tak lebih dari dua jam waktu yang dibutuhkan dari Bandar Lampung untuk sampai ke Pringsewu.

Oleh sebab itu beberapa objek wisatanya bisa menjadi alternatif untuk mengisi waktu liburan warga Bandar Lampung terutama yang hobi hunting foto. Tak hanya itu, masyarakat dari kabupaten lain pun cukup mudah untuk sampai ke Pringsewu. Beberapa transportasi umum seperti bus dan travel.

WISATA PRINGSEWU LAMPUNG

Berikut ini adalah tempat wisata di pringsewu yang menakjubkan dan wajib anda jadikan sebagai daftar kunjungan untuk mengisi liburan anda;

1. Talang Indah Pajaresuk Pringsewu

Talang Indah Pajaresuk Pringsewu merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ada di Kota Pringsewu, Provinsi Lampung. Wisata ini berada di Kelurahan Pajerasuk Kecamatan Pringsewu, Kota Pringsewu. Lokasi wisata berada di bagian barat Kelurahan Pajaresuk.

Alamat: Jl. Raya Sampang, Fajar Esuk, Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

2. Wisata Rumah Kalkun Mitra Alam

Rumah Kalkun Mitra Alam merupakan peternakan ayam kalkun yang ada di Kabupaten Pringsewu. Omong-omong, kamu tahu kan jenis ayam kalkun itu seperti apa?

Jika belum tahu, kamu tidak perlu khawatir sebab di daerah Sukoharjo I, ada peternakan ayam kalkun yang bisa kamu kunjungi untuk sekadar berwisata edukasi dengan keluarga. Rumah kalkun yang dimiliki Pak Bambang Cahyo ini memiliki koleksi sekitar 600-an ekor ayam kalkun bahkan pernah mencapai angka 1000 lho. Hebat sekali, ya.

Aktifitas yang bisa dilakukan di sana, tidak hanya melihat-lihat peternakan, belajar bertenak kalkun atau membeli ayam kalkun saja. Tetapi juga tersedia santapan kuliner berbahan baku ayam kalkun yang bisa dipesan. Di antaranya kalkun guling, kalkun panggang, sate kalkun dan masih banyak lagi. Sambil menyantap menu kalkun, kita juga bisa menikmati suasa khas pedesaan Pringsewu dengan pemandangan embung serupa danau mini lengkap dengan saung bambu. Ah, jika sudah begini, nikmat Tuhan mana yang ingin kamu dustakan?

Alamat: Sukoharjo I, Kec. Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

3. Gapura Bambu Selamat Datang

Kawasan Rest Area/Gapura Bambu Pringsewu merupakan kawasan yang cukup ramai pengunjung di sore hari. Di tempat ini, kita bisa nongkrong sambil menikmati jagung bakar, kopi, atau aneka kuliner lainnya.

Belum lama ini juga, telah rampung pembangunan tulisan “Pringsewu” yang menjadi salah satu spot untuk berfoto-foto selfie.

Alamat: Jalan Raya Wates, Wates, Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

4. Talang 5 Bumiayu

Jembatan Talang XL Axiata – Bumi Ayu yang menghubungkan Desa Bumi Ayu dan Desa Fajaresuk di Kecamatan Pringsewu.

Alamat: Jalan Wisata Talang 5, Bumi Arum, Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

5. Talang 2 Pajaresuk

Alamat: Jl. Wisata Talang 2 Pajaresuk, Fajar Esuk, Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

6. Talang 1 Bumirejo

Alamat: Fajar Esuk, Kecamatan Pringsewu, Fajar Esuk, Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

7. Bukit Blitarejo

Bukit BLT terletak di Desa Blitarejo, Pringsewu. Bukit ini terletak di tengah-tengah persawahan sehingga lebih eksotis tentunya. Waktu paling enak mengunjungi Bukit BLT adalah sore hari karena kita bisa menyaksikan eksotisme matahari yang tenggelam atau The Golden Sunset. Selain itu, kita juga dapat menikmati pemandangan aliran sungai di bawah Bukit Blitarejo ini.

Alamat: Blitarejo, Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

8. Bendungan Way Sekampung Bumiratu

Alamat: Jl. Ganjaran, Pajar Agung, Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

9. Arena Flying Fox Talang Indah

Alamat: Fajar Esuk, Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

10. Sumber Mata Air Kerawang Ambarawa

Pringsewu mempunyai energi dan sumber daya mineral yang sangat menjanjikan. Salah satunya Mata Air Karawang di Desa Karawang, Ambarawa, Pringsewu. Sumber mata air ini dikenal hampir di seluruh Lampung. Pada 1990-an, sumber mata air ini mulai dikenal masyarakat sekitaran Ambarawa.

Sebelum dijadikan area sumber mata air, daerah ini adalah pegunungan tandus. Tidak ada masyarakat yang mau membeli area itu hingga ada seseorang yang mengebor salah satu titik di pegunungan tersebut.

Alamat: Ambarawa, Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

11. Air Terjun 7 Pagelaran Utara

Berada di dalam kawasan hutan, air terjun ini sangat jarang dijamah oleh wisatawan. Kealamian tempat dan kejernihan aliran airnya bisa menjadi alasan kenapa harus dikunjungi.

Alamat: Hutan, Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

12. Bukit Panjerejo

Berfoto di puncak bukit rasanya sedang ngehits banget di Lampung. Jika di Kota Bandar Lampung, anak-anak muda ramai membicarakan Muncak Tirtayasa, di Pringsewu, anak-anak muda banyak yang berdatangan ke Puncak Bukit Panjarejo yang letaknya tidak terlalu jauh dari Gapura Bambu Rest Area Pringsewu.Dari Bukit Panjarejo ini, kita dapat melihat pemandangan alam persawahan di Pringsewu yang cukup eksotis. View utama yang ditawarkan oleh tempat wisata yang satu ini memang pemandangan persawahan di Pringsewu yang cantik, apalagi saat sedang hijau-hijaunya. Selain menikmati view pemanndangan Pringsewu dari ketinggian, di atas bukit kita juga dapat menikmati nikmatnya Kopi Pancong.

Alamat: Panjerejo, Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

13. Wahana Berkuda Watu Sewu

Alamat: Bumi Ratu, Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

14. Air Terjun Pagasan Pringsewu

Kamu ingin berwisata alam yang menantang di daerah Kabupaten Pringsewu, maka Air Terjun Pagasan inilah jawabannya. Berada di daerah Kecamatan Pagelaran Utara, berpatokan dari perempatan Pasar Pagelaran dari arah Pringsewu kamu bisa berbelok ke kanan menuju desa Fajar Baru menuju desa Neglasari lalu berakhir di Pagasan. Di sana kamu bisa bertanya arah persis air terjun pada warga Pringsewu yang ramah-ramah itu.

Alamat: Hutan, Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

15. Telaga Gupid Mataram

Telaga Gupid Mataram merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Pringsewu. Wisata ini berada di Mataram Kecamatan Gadingrejo Pringsewu. Wisata ini mudah dijangkau dari lokasi Pasar Gadingrejo. Destinasi wisata ini berdekatan dengan Pura Giri Sutra Mandala, SMP Negeri 3 Gadingrejo, serta SMA Negeri 1 Gadingrejo. Wikipedia

Alamat: Mataram Gading Rejo, Karangrejo, Negeri Katon, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

16. Delta Pamenang

Delta pamenang merupakan salah satu spot mancing di alam liar yang ada di provinsi lampung.

Alamat: Fajar Baru, Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

17. Bukit Puncak Pangonan

Bukit Pangonan merupakan tempat wisata baru di Pringsewu Lampung. Lokasi Bukit Pangonan Pringsewu bersebelahan dengan Talang Air I Fajaresuk.

Di Bukit Pangonan Pringsewu ini kita bisa menikmati rumah hobbit, jembatan payung, rumah pohon, jembatan love, saung, serta spot foto-foto Pringsewu dari ketinggian.

Alamat: Fajar Esuk RT.4, RW.3, Fajar Esuk, Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

18. Gua Maria La Verna

Goa yang acap kali dijuliki Lourdes van Lampung ini sangat menarik untuk dikunjungi, sebab konon tidak kalah indah dengan Lourdes yang ada di Perancis. Merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi umat katolik jika berkunjung ke Lampung. Lokasinya berada di perbukitan yang teduh dan asri. Dengan geografis lembah perbukitan, di tengah hutan kecil, dan di tepian sungai, amat cocok untuk berdoa dan bermeditasi dengan khusyuk ditemani nyanyian alam berupa gemercik aliran air, suara gesekan pepohonan dan kicauan burung.

Alamat: Pajaresuk Kec., Jl. Raya Sampang, Fajar Esuk, Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

19. Danau Dan Bukit Cekdam

Alamat: Pajar Agung, Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

20. Danau Fajar Agung Barat

Alamat: Barat,, Pajar Agung, Kecamatan Pringsewu, Pajar Agung, Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

21. Kolam Renang Paris

Kolam renang Paris merupakan kolam renang yang terletak di Pusat Kota Pringsewu, dengan lokasinya yang sangat strategis di pinggir Jalan Raya Pringsewu-Tanggamus. Kolam renang ini merupakan salah satu kolam renang andalan di Kabupaten Pringsewu. Saat musim liburan, kolam renang ini selalu diserbu pengunjung.

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, Pringsewu Bar., Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

22. Base Camp TBK

Alamat: Batutegi, Air Naningan, Hutan, Tanggamus, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

23. Bukit Tursina

Tempat ini diproyeksikan untuk menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Pringsewu. Diantara tiga wisata bukit di Pringsewu ada salah satu objek bukit yang menawarkan suasana berbeda yakni Bukit Tursina Pringsewu. Objek wisata ini memiliki danau diatas bukit sehingga memiliki panorama indah yang khas. Tempat ini juga menawarkan suasana sepi yang menenangkan bagi para pengunjung yang datang.

24. Rumah Pohon Podorejo Rejosari Pringsewu

Objek rumah pohon saat ini sedang hist di kalangan kaula muda. Objek seperti ini sering dijadikan sebagai lokasi hunting foto. Kesan unik adalah yang diburu, nama untuk wisata pohon di Kabupaten Pringsewu ini adalah Rumah Pohon Podorejo yang terletak di di Rejosari.

25. Goa Selapan dan Goa Harimau di Pardasuka

Berwisata ke daerah Pardasuka ini, kamu akan medapatkan paket kombo. Bagaimana tidak? Kamu bisa mengunjungi Air Terjun Selapan sekalian Goa Selapan atau yang masyarakat sini sebut dengan Goa Harimau, karena keduanya memang hanya berjarak sekitar 2 KM saja.

26. Makam Kyai Gholib

Makam KH Ghalib berada di area TPU Pringsewu Barat dengan lokasi makam yang ditempatkan tersendiri pada bangunan menyerupai rumah. KH Ghalib sendiri adalah seorang ulama terkemuka dan tokoh pejuang kemerdekaan.

Sebagai komandan pasukan Hizbullah, beliau dengan gagah berani turut melawan penjajahan Belanda dan Jepang. KH Ghalib dan pasukannya turut mengambil andil dalam pertempuran di front Baturaja, Martapura dan beberapa pertempuran lainnya. Hal yang wajar apabila setiap tahunnya makam KH Ghalib ini banyak dikunjungi peziarah dari berbagai daerah luar Lampung.

27. Telaga Gupid Tegalsari Gadingrejo

Meskipun tempat wisata ini baru resmi dibuka akhir tahun 2017 lalu, namum masyarakat Gadingrejo dan sekitarnya sudah sangat akrab dengan telaga yang satu ini, sebab masih berfungsi sebagai pengairan sawah di daerah sekitarnya. Letaknya sekitar 4 KM dari Jalan Raya Gadingrejo, waduk ini menempati luas lahan kurang lebih 13 hektare.

Telaga Gupit berada di kaki Bukit berdekatan dengan lokasi Pura Giri Sutra Mandala. Sehingga kamu akan menjumpai pemadangan serupa danau luas yang dipagari hijaunya panorama alam berupa perbukitan hijau sejauh mata memandang, yang pasti bisa memanjakan mata pengunjung lengkap dengan bonus angin sepoi-sepoi segar dari arah telaga.

28. Pura Giri Sutra Mandala Tegalsari Gadingreje

Pura Gili Sutra Mandala ini, sempat dinamakan dengan Pura Tiban. Sebab awalnya pura ini diketahui masyarakat secara tiba-tiba. Apalagi lokasinya berdiri di atas gunung yang tidak dihuni manusia. Bangunan pura ini berpondasi batu dan pada badan bangunan terbuat dari batu bata dengan ketinggian puncak mencapai 7 meter.

Diberi nama Pura Giri karena berada di atas pegunungan yang tinggi, sedangkan Mandala adalah tempat suci yang ada di gunung. Jadi beribadah di Pura Giri Sutra Mandala dapat dimaknai sebagai ritual mensucikan diri seperti layaknya kain sutra.

Selain tempat diatas masih ada tempat lainnya yakni.

29. Perahu Sampan Mataram Gadingrejo

satu kompleks dengan Telaga Gupid Tegalsari.

30. Air Terjun 7 Tingkat Girimulyo Pagelaran Utara

31. Pura Lugusari Pagelaran

32. Bendungan Way Ngison Pagelaran

Bendungan Irigasi milik dinas Pekerjaan Umum (PU) ini terletak di Desa Way Ngison 2, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu Lampung.

33. Agrowisata Kolam Pagelaran

34. Agroforestry Telaga Ngundi Rukun Sukoharjo 1

35. Air Terjun Selapan Pardasuka

36. Embung Fajar Agung Pringsewu

37. Sawah berundak-undah Pajaresuk Pringsewu

baca juga 33 rekomendasi wisata pantai di lampung.

Demikianlah informasi terkait tempat wisata di Pringsewu, semoga bisa menjadi referensi liburan anda. (Red/*)

Sumber : Blog Suara

Komentar