oleh

Pelaku Pencabulan Anak di Bawah Umur Berhasil Diringkus

Realita Way Kanan – Polsek Way Tuba Polres Way Kanan berhasil mengungkap pelaku persetubuhan atau perbuatan cabul terhadap anak dibawah umur yang terjadi Selasa 17 November 2020 lalu.

Kapolres Way Kanan, AKBP Binsar Manurung melalui Kapolsek Way Tuba, Iptu Mahbub Junaidi menjelaskan, kronologis kejadian tindak pidana pencabulan itu terjadi pada hari Selasa 17 November 2020 lalu sekitar jam 13.00 WIB. Saat itu adik ipar pelapor datang ke rumah pelapor untuk menceritakan bahwa anaknya (pelapor) yang sedang bekerja di Kampung Bandar Sari, Kecamatan Way Tuba, Kabupaten Way Kanan telah menjadi korban perbuatan asusila oleh pelaku berinisial SJ.

Untuk memastikan laporan itu, lanjut Kapolsek, orang tua korban menjemput anaknya dan dari pengakuan korban benar adanya. kemudian jajaran Polsek Way Tuba melakukan penyelidikan dan meminta keterangan dari korban sebut saja Dara (Bukan nama sebenarnya) yang masih berusia 15 tahun itu apakah dia benar telah menjadi korban persetubuhan atau perbuatan cabul oleh pelaku.

“Untuk memastikan informasi tersebut orang tua korban selanjutnya sekira pukul 19.00 WIB datang ketempat anaknya bekerja dan menjemputnya (korban), dan setelah bertemu dengan korban, lalu korban menceritakan bahwa dirinya telah di paksa berhubungan badan layak suami istri lebih dari satu kali oleh pelaku. TKP perbuatannya di konter cell milik tersangka, di Kampung Bandar Sari, Kecamatan Way Tuba Kabupaten Way Kanan,” ungkapnya, Senin 30 November 2020.

Lanjutnya, untuk ini siapa pelaku yang diamanakan dan ditetapkan sebagai tersangka tersebt berinisial SJ umur 29 tahun warga Kampung Bandar Sari, Kecamatan Way Tuba, Kabupaten Way Kanan. Akibat perbuatannya, tersangka dapat akan dikenakan pelanggaran Pasal 81 ayat 2b dan 82 UU RI no.17 tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU Nomor 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara, jelas Kapolsek.

Lebih lanjut Kapolsek Way Tuba, Iptu Mahbub Junaidi memaparkan, kronologis penangkapan terhadap tersangka dilakukan pada hari Rabu 25 November 2020 lalu sekitar pukul 22.00 WIB, setelah anggota Polsek Way Tuba mendapatkan informasi tentang keberadaan pelaku dan lansung melakukan penangkapan yang dilakukan di rumah pelaku tanpa perlawanan. Saat ini pelaku sudah diamankan di Mapolsek Way Tuba untuk menjalani proses lebih lanjut, paparnya. (Sandi/Red/*)

Komentar

Realita Lampung