oleh

Tingkatkan Kesadaran Pemilih, KPUD Goes To Campus

Realita Lampung Utara – Guna meningkatkan angka partisipasi pemilih, khususnya para pemilih pemula. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Lampung Utara menggelar Sosialisasi Goes to Campus di Fakultas Hukum Ilmu Sosial (FHIS) Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

“Sebagaimana program pusat, sosialisasi itu haruslah dikenalkan sejak dini kepada masyarakat. Itulah salah satu tujuan kegiatan kali ini,” ujar Aprizal Ria, Ketua KPUD Lampung Utara, Rabu 2 Desember 2020.

Sejauh ini, untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hak suara yang dimiliki. Jajaran KPUD acapkali melakukan penjangkauan kepada seluruh elemen baik birokrasi pemerintah atau pun non pemerintah. Bahkan hingga di kalangan para pelajar.

“Sehingga pendidikan demokrasi bisa dikenalkan dari jauh hari. Dan dapat menyentuh seluruh sendi kehidupan masyarakat,” ucapnya.

Untuk diketahui, daftar pemilih tetap yang terdata di Lampung Utara ini mencapai angka 400 ribu jiwa lebih. Selain itu, bila melihat Pilkada dan Pemilu yang lalu, secara umum angka partisipasi pemilih masih sesuai target yang ditetapkan oleh pusat.

“Capaian target partisipasi kita pada Pilkada kemarin sebesar 76 persen dan Pemilu mencapai 80 persen,” katanya.

Senada disampaikan Suwardi Amri, Dekan FHIS Universitas Muhammadiyah Kotabumi, pihaknya sangat menyambut baik. Sebab meski para mahasiswa/mahasiswi tidak buta politik. Terkadang masih saja sebagian dari mereka enggan untuk menggunakan hak politiknya.

“Mudah-mudahan dengan adanya pendidikan secara langsung ini, mereka bisa lebih peduli dengan hak suaranya. Dan kedepan dapat menggunakan hak politiknya,” pungkasnya.

Selain dihadiri jajaran Komisioner KPUD Lampung Utara dan Dekan FHIS Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Acara tersebut tampak pula dihadiri oleh kalangan mahasiswa/mahasiswi yang berada di wilayah Kotabumi. (SS/Red/*)

Komentar

Realita Lampung