oleh

Pemkab Lampung Tengah Gelar Simulasi Penanganan Korban Covid-19

Pemkab Lampung Tengah Gelar Simulasi Penanganan Korba Covid-19

Realita Lampung Tengah – Pemerintah Kabupaten Lampung tengah menggelar pelatihan sekaligus simulasi penanganan jenazah pasien Covid-19.

Kegiatan yang dilakukan di lapangan Merdeka Gunung Sugih itu melibatkan Dinas Kesehatan, BPBD, Satgas dari 28 Kecamatan se-Lampung Tengah.

Pada acara itu Asisten Bidang Administrasi dan Umum, Hi Sarjito minta kepada seluruh satuan tugas dari 28 Kecamatan agar bener-benar dan serius mengikuti kegiatan tersebut.

Permintaan itu dalam upaya mengantisipasi jika di kecamatan masing ada warga yang meninggal karena wabah covid-19 dengan segera dapat diselesaikan proses pemakamannya sesuai dengan protokol covid-19.

Selain itu Sarjito juga meminta kepada petugas pemberi materi agar sedetil mungkin memberikan penjelasan terkait proses pemakaman jenazah bila ada warga yang meninggal karena covid-19 tersebut.

Baik dari mulai dari proses persiapan pemakaian APD hingga di pemakaman di liang lahat, sehingga petugas tidak ragu lagi dalam melaksanakan tugasnya kareba sudah mengetahui prosesnya yang sesuai dengan protokol penanganan covid-19.

Dalam simulasi ini dijelaskan Sarjito, satuan tugas di beri pelatihan secara langsung menggunakan APD, membungkus jenazah yang ada di dalam peti dan protokol kesehatan saat memakamkan juga usai memakamkan jenazah.

Ditegaskan Sarjito pemulasaran jenazah covid 19 ini sangat penting, sehingga petugas dari satuan tugas yang ada di kecamatanan siap melakukan tugas sesuai protokol Covid-19.

“Mereka butuh pengetahuan dan keahlian menangani jenazah terpapar COVID-19, karena ini di luar kebiasaan menangani jenazah pada kondisi normal,” terang Hi Sarjito. (KM/Basuri/*)

Komentar

Realita Lampung