oleh

Empat Kecamatan di Lampung Utara Waspada Banjir dan Tanah Longsor

Realita Lampung Utara – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Utara ada empat wilayah Kecamatan masuk dalam kategori waspada bencana alam banjir dan tanah lonsor.

Mirza Sopian selaku Kepala Bidang (Kabid) Kesiapsiagaan, mewakili Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lampung Utara mengatakan, ada beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung utara, Provinsi Lampung, memiliki potensi rawan bencana alam, berupa banjir dan tanah longsor, yang ada pada beberapa wilayah Kecamatan dan berbatasan dengan Kabupaten Lampung Barat.

Berdasarkan data dan keterangan dari BPBD Lampung Utara, beberapa kecamatan yang pernah terjadi dan berpotensi terkena bencana alam banjir dan tanah longsor itu ada pada titik wilayah tertentu yang perlu di antisipasi dan meningkatkan kewaspadaannya.

Dalam keterangan dan imbauan yang sampaikan Mirza Sopian, ketika dikonfirmasi menuturkan dalam tanggap siaga bencana, BPBD menyiagakan Tim Reaksi cepat (TRC) selama 2×24 jam, Tim terdiri dari Personil dari berbagai Satuan kerja terkait (Satker) dan TNI / Polri.

Lanjut Mirza Sopian, setidaknya ada beberapa Kecamatan yang berpotensi dan rawan bencana tanah longsor dan banjir, potensi tanah longsor berada pada Kecamatan Tanjungraja, Bukit Jemuning, Abung Tinggi dan Abung Tengah, sedangkan potensi banjir, ada pada Kecamatan Kotabumi dan sekitarnya, yang diakibatkan meluapnya sungai Abung yang bisa terjadi karena diakibatkan sampah dan pendangkalan sungai, paparnya.

“Kita sangat berharap dan menghimbau kepada seluruh warga masyarakat, untuk turut menjaga kebersihan sungai dan lingkungan, dengan tidak membuang sampah di sungai serta tidak menebang pohon secara sembarangan, demi kelestarian lingkungan dan mencegah bencana,” ujarnya. (Orean/*)

Komentar

Realita Lampung