oleh

Sambut Pelaksanaan KBM Tatap Muka, Pemerintah Kecamatan Selagai Lingga Mantapkan Persiapan

Realita Lampung Tengah – Menindak lanjuti hasil rapat bersama menjelang pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar (KBM) sistem tatap muka yang dijadwalkan pada awal tahun 2021, Pemerintah Kecamatan Selagai Lingga bersama forkopimcam, UPTD Kesehatan Korwil Pendidikan dan para Kepala Kampung beserta perwakilan kepala sekolah tingkat Paud – SMP kembali bermusyawarah.

Disampaikan Camat Selagai Lingga, Drs. Wagiyo, MM, sebelum diterapkannya KBM sistem tatap muka dipandang perlu dilakukan musyawarah bersama unsur terkait baik dari pihak dinas kesehatan, pendidikan, kepala seklah dan perwakilan orang tua siswa.

“Menindaklanjuti hasil rapat yang dilaksanakan di Nuwo Balak yang dilaksanakan pada 16 Desember 2020 lalu itu kita melakukan usyawarah bersama hari ini, bersama forkopimcam, UPTD Kesehatan, Korwil Pendidikan, para Kakam, perwakilan kepala sekolah dari tingkat Paud dan TK beserta SLPT,” kata Wagiyo.

Dijelaskannya, hasil rapat bersama ditingkat Kabupaten itu satuan pendidikan SLTP, SD, TK/Kober sepakat melaksaakan pembelajaran tatap muka mulai dari tanggal 4 Januari 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan dan sistem sift. “Untuk itu kita lanjutkan rapat bersama ditingkat kecamatan yang kita laksanakan rabu kemarin,” kata Wagiyo, Jumat 1 Januari 2021.

Selain itu, lanjutnya, pelaksanaan pembelajaran dipedomankan pada SKB 4 Menteri dan surat Kadis Pendidikan Kabupaten Lampung Tengah. Yang intinya, satuan pendidikan wajib mengisi daftar periksa dan memenuhi unsur daftar periksa tersebut, dapodik atau emis, wajib membuat spanduk tentang 3M, dan tim akan melaksanakan pengawasan secara periodik terhadap pelaksanaan pembelajaran tatap muka.

Sebelumnya, lanjut Wagiyo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung telah melakukan verifikasi kesiapan kegiatan belajar dan mengajar (KBM) tatap muka. Dari hasil verifikasi itu hanya sekolah di Lampung Tengah yang lolos verifikasi, ini yang disampaikan Sekretaris Disdikbud Lampung Tommy Efra Handarta pada, Rabu 30 Desember 2020 lalu. Ini mungkin karena kelengkapan berkas yang disertai peta risiko penyebaran covid-19 di daerah tersebut. Dari 15 daerah hanya Lampung Tengah yang melampirkan rekomendasi wilayah dari Dinas Kesehatan setempat.

Dalam keterangan Sekretaris Disdikbud itu juga dijelaskan di Kabupate Lampung tengah ada tiga kecamatan yang tidak diperbolehkan menggelar KBM tatap muka, diantaranya Kecamatan Terbanggi Besar, Way Pengubuan, dan Terusan Nunyai, paparnya. (AB/Red/*)

Komentar

Realita Lampung