oleh

Susah Dibina, Seorang Polisi Polres Tubaba Dipecat Tidak Hormat

Realita Lampung — Seorang personil Polres Tulang Bawang Barat dipecat secara tidak hormat setelah di proses oleh Polda Lampung sejak tahun 2020 lalu.

Pencopotan personil ini dilakukan dengan upacara di halaman Mapolres setempat Senin, 4 Januari 2021, yang dipimpin oleh AKBP Hadi Saepul Rahman.

Dia adalah Brigpol Riyan Setiawan. Dirinya terpaksa dilakukan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) alias dipecat dari dinas polri lantaran Melanggar peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2003 pasal 14 ayat 1 Huruf A (Disersi), Berdasarkan keputusan kepolisian Daerah Lampung No : Skep/923/XII/2020.

Kapolres Tulang Bawang Barat, AKBP Hadi Saepul Rahman menyesalkan atas perbuatan seorang anggotanya yang berpangkat Brigadir itu. Menurutnya, hal seperti ini tidak perlu terjadi.

“Perkara PTDH merupakan peristiwa yang memprihatinkan, Semestinya tidak perlu terjadi,” Sesal Kapolres pada mantan personilnya itu.

Menurut Kapolres, Jika personelnya tersebut dapat dibina dan tidak melakukan pelanggaran berulang kali maka PTDH tidak akan dilakukan.

“Dengan Proses pembinaan dan pendekatan persuasif telah diupayakan,
tetapi memang sudah tidak bisa dibina lagi dan sudah lama disersi. Maka dengan tegas pencopotan akhirnya dilakukan oleh Polres Tulang Bawang Barat yang sebelumnya melalui proses di Polda Lampung,” Tegas Kapolres AKBP Hadi Saepul Rahman.

Diketahui, Brigpol Riyan Setiawan sebelum diberhentikan menjabat sebagai Banit Sat Sabhara Polres Tubaba. Atas pencopotannya dari jajaran kepolisian, iya hanya akan menerima pengembalian iuran Dana Pensiun dan Hak Menerima Asabri. (JL/*)

Komentar

Realita Lampung