oleh

Taati Peraturan – Ikuti Imbauan Pemerintah, Masyarakat Desa Sinar Jaya Bebas Paparan Covid-19

Realita Lampung – Rutinitas masyarakat Desa Sinar Jaya, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Lampung Utara yang mayoritas petani dimasa pandemi tetap berjalan normal dan kondisi hingga hari ini bebas dari paparan covid-19 .

“Aktifitas masyarakat ya berjalan seperti biasa, sebagai petani ya ke kebun dan ke ladang,” kata Abas Zen Kepala Desa Sinar Jaya, Senin 4 Januari 2021.

Suasana di puncak Desa Sinar Jaya, Kecamatan Tanjung Raja, Lampung Utara.

Masyarakat Desa Sinar Jaya, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung ini setiap harinya, kata Abas Zen, melakukan rutinitasnya tanpa rasa kekhawatiran meskipun demikian mereka tetap dalam kewaspadaan.

“Tidak ada tips khusus ataupun arahan yang dikhususkan, tapi kita tetap memberikan imbauan agar tetap waspada karena kita masih dalam kondisi pandemi,” ujarnya, ketika ditanya mengenai kondisi masyarakat desa setempat menghadapi masa pandemi covid-19.

“Alhamdulilah masyarakat kita aman-aman dan sehat, di desa lain di Kecamatan Tanjung Raja ada kabarnya yang terpapar covid, dan Alhamdulilah masyarakat kita pada sehat, semoga sampai pandemi ini selesai masyarakat kita sehat-sehat semua,” ungkapnya menjelaskan bahwa sejak masa pandemi covid-19, masyarakat Desa Sinar Jaya, Kecamatan Tanjung Raja, Lampung Utara bebas dari paparan virus yang tengah melanda dunia ini.

Lebih lanjut, Abas menuturkan, Pemerintah Desa Sinar Jaya akan terus berusaha bersama masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dan mentaati anjuran pemerintah untuk bersama-sama melawan penyebaran covid-19 dan mencegahnya masuk ke daerah setempat.

Bincang santai Tim RealitaLampung.com dengan Kades Sinar Jaya, Abas Zen,.

“Imbauan-imbauan dari pemerintah sudah kita sampaikan kepada masyarakat, seperti tidak melakukan aktifitas yang menimbulkan berkerumunnya orang, menerapkan pola hidup sehat seperti aktifitas keseharian karena sebagian masyarakat adalah petani ya tetap melakukan akifitasnya sekalian berolahraga di ladang atau di kebun. Selain itu ya kita sampaikan juga untuk terus membatasi bepergian ke luar daerah,” ucapnya.

Dalam perbincangan itu juga, Abas menyampaikan agar masyarakat Desa Sinar Jaya untuk bisa terus bersama-sama menjaga komtibmas dan karena saat ini masih dalam kondisi pademi covid-19, dia mengharapkan masyarakat bisa terus bersama dalam melakukan pemantauan terhadap warga pendatang yang masuk ke daerah tersebut. Hal itu guna mengantisipasi adanya warga yang datang dari luar daerah agar tetap menerapkan physical distancing atau menjaga jarak. Karena dengan begitu upaya untuk memutus rantai penyebaran covid-19 bisa dilakukan oleh masyarakat.

“Penerapan jaga jarak ini merupakan langkah pertama dan itu jika dilakukan dengan kesadaran bersama maka manfaatnya akan dapat kita rasakan bersama, karena kesehatan itu kita yang menjaganya, apa lagi kondisi saat ini, untuk tetap menjaga imun tubuh itu selain makan-makanan yang baik dan sehat juga rutinitas keseharian kita sebagai petani itu harus tetap dilakukan karena itu juga untuk menjaga kesehatan, makanya masyarakat kita tetap melakukan aktifitasnya seperti basa,” papar Abas.

Ditambahkanya, kata kunci dalam upaya memutus mata rantai penyebaran coronovirus disease 2019 atau covid-19 adalah kesadaran diri dan tetap mejaga dan mentaati peraturan sertai mengikuti imbauan-imbauan pemeritah, pungkasnya. (Red/*)

Komentar

Realita Lampung