oleh

Dinkes – Wartawan Way Kanan Gelar Khitan Gratis

Realita Lampung – Oragnisasi wartawan Lembaga Pers Jurnalis Desa (LPJD) Kabupaten Way Kanan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui UPT Puskesmas Negeri Baru, Umpu Semenguk mengadakan bakti sosial dalam bentuk khitanan gratis.

Kegiatan yang dilaksanakan LPJD bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan itu berlangsung di kediaman sekretaris LPJD selaku koordinator acara, Senin 11 Januari 2021.

Dilaksanakannya kegiatan tersebut, menurut sekretaris LPJD Way Kanan, Agus Busri karena masih ditemukan masyarakat yang kurang mampu dan kondisi anak-anaknya harus dilakukan khitan. Atas dasar itu, lanjutnya LPJD bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Way Kanan menggelar bakti sosial khitan secara gratis kepada anak-anak warga yang ada di Kampung Negeri Baru.

“Saya melihat masih banyak warga yang kurang mampu, dan Alhamdulillah Kepala Dinas Kesehatan Way Kanan Anang Risgiyanto merespon dan menurunkan timnya melalui UPT Puskesmas Negeri Baru, dan acaranya langsung dilaksanakan pas juga ini-kan awal tahun,” ujarnya.

Dalam kegiatan bakti sosil itu, ada 12 orang perwakilan dari Dinas Kesehatan bersama tim Guus Tugas dan acaranya tetap dilaksanakan dalam penerapan protokol kesehatan.

Kepala Puskesmas Negeri Baru, Mufid As, S. Keb, menuturkan kepada media, khitan atau sunat merupakan salah satu anjuran agama khususnya pemeluk Agama Islam yang punya pengaruh besar terhadap kesehatan.

“Kegiatan bakti sosial khitanan massal yang dilaksanakan oleh asosiasi pers tribun dan Dinas Kesehatan yang dalam hal ini dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Negeri Baru adalah kegiatan yang sangat baik yang bisa dirasakan langsung oleh warga masyarakat, khususnya di masa pandemi covid-19, disaat kondisi ekonomi masyarakat bawah sangat terdampak pandemi,” kata Mufid.

Lanjutnya, mereka dari Dinas Kesehatan dan UPT Puskesmas Negeri Baru mendukung setiap upaya kesehatan yang berbasis masyarakat (UKBM), “Yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan pelayanan kesehatan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” pungkasnya. (M9/SN/*)

Komentar

Realita Lampung