oleh

BMKG, Gempa 4.1 Magnitude Terjadi di Lampung Utara

Realita Lampung – Gempa bumi di kedalaman 189 km dengan kekuatan 4.1 magnitude terjadi wilayah Lampung Utara, Provinsi Lampung, Rabu 13 Januari 2021 sekira jam 09.12 WIB pagi tadi.

Ketika dikonfirmasi pihak BMKG Lampung Utara membenarkan adanya gempa tersebut dan meminta masyarakat untuk tenang dan bisa menerima informasi resmi yang dikeluarkan dari pihak BMKG.

“Benar, terjadi di kedalaman 189 km, dengan kekuatan 4.1 magnitude,” kata Agung Setyadi melalui pesan WhatsApp, dan dia memberikan imbauan agar masyarakat menerima informasi resmi dari BMKG Stasiun Geofisika Lampung Utara. “Sampai dengan saat ini belum ada laporan dirasakan dari masyarakat,” lanjutnya ketika ditanya mengenai dampak gempa tersebut.

Terjadinya gempa bumi ini, lanjut Agung Setyadi, dikarenakan adanya gesekan lempeng hindia dan lempeng eurasia, dan gempa sebelumnya terjadi diwilayah Kabupaten Pesawaran dengan kekuatan 3,4 magnitude. Di wilayah Lampung Utara juga pernah terjadi dengan kekuatan 3,9 magnitude pada Selas 14 Juli 2020 lalu sekira jam 02.24 WIB.

“Sebelumnya di pesawaran M3.4, pantauan dari BMKG Stasiun Geofisika Lampung Utara menggunakan Seiscomp3, terjadinya akibat pergerakan lempeng hindia australia dan lempeng eurasia,” jelas Agung. (Red/*)

Komentar

Realita Lampung