oleh

Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 3.9 Kembali Goyang Lampung

Realita Lampung – Gempa bumi kembali terjadi menggoyang Provinsi Lampung di wilayah Barat Daya Kabupaten Pesisir Barat – Lampung, pagi tadi.

Kepala Stasiun Geofisika Lampung Utara, Anton Sugiharto melalui Teguh staf BMKG Stasiun Geofisika Lampung Utara menuturkan, gempa bumi tektonik Magnitudo M=3.9 terjadi tadi pagi, Sabtu 16 Januari 2021 sekira jam 08:42:57 WIB.

“Ya benar tadi pagi, tercatat M 3.9 di wilayah Lampung, analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=3.9, episenter (pusat gempabumi) 6.1 LS – 103.89 BT, atau tepatnya berada di laut pada jarak Pusat Gempa di Laut 101 km Barat Daya Pesisir Barat – Lampung, dikedalaman 30 Kilometer,” jelas Teguh.

Lebih lanjut diungkapkannya, jenis dan mekanisme gempa bumi, setelah memperhatikan lokasi epicenter dan kedalaman hipocenter, gempabumi yang terjadi jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi, lempeng Indo-Australia yang menunjam Lempeng Eurasia.

“Dampak gempa bumi yang terjadi sampai laporan ini dibuat belum ada informasi dirasakan dari masyarakat,” ujarnya.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pihak BMKG minta masyarakat bisa memastikan informasi resmi gempa bumi dengan skala magnitudo kurang dari 5 (lima) hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram @stageofkotabumi), website
(http://stageof.lampung.bmkg.go.id).

“Masyarakat bisa menghubungi nomor kontak Stasiun Geofisika Lampung Utara di nomor 0811-7208-709 untuk memastikan informasi yang beredar dan hal ini guna menghindari hoax tentang gempa bumi yang telah menyebar,” lanjut Teguh, seraya mengatakan diinformasikannya nomor kontak itu bertujuan agar masyarakat juga bisa memberikan laporan kepada pihak BMKG bila merasakan gempa dan melaporkan kepihaknya terkait dampak gempa yang terjadi. (Red/*)

Komentar

Realita Lampung