oleh

Lampung Kembali Digoyang Gempa Bumi

Realita Lampung – Dua hari terakhir tercatat tiga kali terjadi gempa bumi di wilayah Kabupaten Pesisir Barat dan Kabupaten Pesawaran pada Sabtu dan Minggu, 16 – 17 Januari 2021.

Menurut Teguh mewakili Kepala Stasiun Geofisika Lampung Utara, Anton Sugiharto mengatakan, gempa bumi tektonik yang terjadi pada hari Sabtu terjadi dua kali di wilayah Kabupaten Pesisir Barat, peristiwa pertama terjadi sekita jam 08:42:57 WIB dengan Magnitudo M=3.9 yang terjadi pagi harinya.

Kemudian pada jam 16.26.43 WIB, di wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera kembali diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG, kata Teguh, menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=5,3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,49 LS dan 103,82 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 145 km arah Selatan Kota Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung pada kedalaman 43 km.

Sebelumnya gempa bumi dengan parameter magnitudo M=3.9 episenter (pusat gempabumi) 6.1 LS – 103.89 BT, atau tepatnya berada di laut pada jarak Pusat Gempa di Laut 101
km Barat Daya Pesisir Barat, Lampung di kedalaman 30 Kilometer.

“Gempa bumi tektonik M5,3 yang terjadi di Lampung ini tidak berpotensi tsunami, untuk itu kita mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan waspada, pastikan informasi tentang gempa bumi hanya berasal dari kami BMKG, jangan mudah termakan berita-berita yang belum tentu kebenarannya. Jika ada berita yang meresahkan bisa ditanyakan langsung ke nomor WhatsApp kantor kami di nomor kontak 0811-7208-709,” kata Teguh, Minggu 17 Januari 2021.

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk jenis dan mekanisme gempa bumi yang terjadi tersebut setelah memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik ( thrust fault ).

Dampak gempa bumi ini dirasakan di daerah Liwa, Pesawaran, Tanggamus, Bandar Lampung, II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu), Teluk Betung II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Lanjutnya, gempa bumi kembali terjadi di wilayah Lampung pada Minggu 17 Januari 2021 sekira jam 06:09:24 WIB, di Lok:5.49 LS – 105.12 BT (11 km Tenggara Pesawaran, Lampung pada kedalaman 13 kilometer, pungkasnya. (Red/*)

Komentar

Realita Lampung