oleh

Program Bedah Rumah, Program Impian

Realita Lampung – Memiliki sebuah rumah yang layak huni adalah impian setiap orang rumah adalah salah satu kebutuhan yang sangat mendasar (Home Needs) setelah pangan dan sandang dan rumah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang.

Rumah juga dapat dikategorikan sebagai tatanan keutuhan sebuah keluarga ,dimana rumah adalah tempat berkumpul dan berdiskusi, tempat belajar dan bersenda gurau antar anggota keluarga serta tempat menunaikan ibadah kepada Allah Sang Khalik. Bisa dibayangkan seandainya sebuah keluarga tidak memiliki rumah, betapa menyedihkan dan akan sangat jarang akan ada diskusi antar keluarga.

Seperti halnya yang dialami Zainal salah seorang warga Pekon Tanjung Jati, Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus.

Zainal adalah seorang buruh tani yang kesehariannya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dengan mengandalkan upah dari sang pemberi pekerjaan.

Dengan kondisi fisik yang sudah tidak layak lagi untuk bekerja sebagai buruh karena sudah lanjut usia dan memiliki kekurangan indra penglihatan ditambah juga harus membiayai sekolah anak-anaknya yang saat ini duduk dibangku Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Umum sangatlah sulit untuk dapat mewujudkan impian keluarga bisa menempati rumah yang layak huni.

Keadaan rumah Zainal saat ini sangatlah memperihatinkan, rumah yang ditempatinya sekarang terbuat dari kayu dan bambu yang sudah usang sehingga dikuatirkan akan mudah roboh apabila cuaca hujan dan angin kencang.

Masyarakat setempat pun telah berencana akan membantu pak Zainal untuk merehab rumah tersebut sehingga keadaan sedikit lebih baik untuk dapat ditempati oleh Zainal bersama keluarganya.

Ketika ditemui RealitaLampung.com, Zainal sangat mengharapkan kepedulian dari masyarakat dan pemerintah setempat.

“Sudah tiga tahun ini melalui pihak Pekon Tanjung Jati mengusulkan Program Bedah Rumah untuk kami sekeluarga, tapi sampai sekarang belum juga teralisasi, mudah-mudahan tahun ini,” ujarnya.

Merespon pernyataan warga pekon setempat Bapak Zainal menyampaikan ucapan terimakasih atas kepedulian terhadap dirinya dan keluarga.

“Terimakasih atas niat baik dari saudara semua yang berencana akan membantu keluarga kami merehab rumah kami yang hampir roboh ini, terimaksih atas kepedulian saudara semuanya,” lanjut Zainal.

Melalui Juru Tulis Pekon Tanjung Jati, Rohadi saat di wawancarai Realita Lampung mengatakan pihak perintah pekon akan berusaha agar keluarga Zainal bisa segera mendapatkan program bedah rumah.

“Usulan kami dari Pekon Tanjung Jati atas nama bapak Zainal sudah kami lakukan beberapa tahun ini ke Dinas PUPR untuk memprioritaskan program bedah rumah bagi Bapak Zainal, tapi sampai saat ini belum ada tindak,” kata Rohadi.

“Insya Allah akan ini akan kota coba kembali minggu depan ini untuk mengusulkan program bedah rumah untuk apak Zainal,” pungkasnya. (AS/Red/*)

Komentar

Realita Lampung